SEA Games 2021: Beregu Putra Sumbang Medali Perunggu

Bac Giang, 17 Mei 2022

Tim bulutangkis beregu putra Indonesia akhirnya harus mengakui keunggulan Thailand. Skuad Merah-Putih tumbang dengan skor 2-3 dalam babak semi final SEA Games Vietnam 2021 yang digelar Selasa (17/5) di Bac Giang Gymnasium.

Dengan hasil ini, Chico Aura Dwi Wardoyo dkk., harus puas dengan torehan medali perunggu.

Manajer tim Indonesia, Eddy Prayitno mengatakan hasil ini memang harus diterima. Ia berharap skuad Garuda tidak larut dalam kesedihan karena nomor individu sudah menanti.

“Ini hasil yang harus kami terima. Beregu putra menyumbang medali perunggu. Sayang sekali memang kami tidak bisa melaju ke final hari ini,” tutur Eddy.

“Tapi saya berharap anak-anak tidak terlalu larut dalam kesedihan. Karena nomor individu sudah menanti. Mari tunjukkan lagi jiwa pemenangnya,” tambah Eddy.

Pertandingan Indonesia vs Thailand berjalan ketat dan seru. Indonesia sempat dua kali tertinggal dan dua kali juga mampu menyamakan kedudukan.

Chico Aura Dwi Wardoyo yang tampil sebagai tunggal pertama harus mengakui keunggulan Kunlavut Vitidsarn. Chico kalah dua gim langsung 14-21, 14-21.

“Saya mohon maaf karena belum bisa menyumbang angka. Saya akui, hari ini lawan bermain lebih baik. Di pertemuan pertama kami ini, dia bisa mendikte permainan saya. Strategi saya sebenarnya mau kontrol permainan dia tapi dia lebih jeli memanfaatkan situasi,” ungkap Chico.

Setelah itu, Indonesia mampu membalas lewat ganda pertama, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan. Pramudya/Yeremia mengatasi Chaloempon Charoenkitamorn/Nanthakarn Yordphaisong lewat rubber game 21-16, 12-21, 21-16.

“Sangat melelahkan pertandingan hari ini. Lawan tidak mudah mati dan bolanya lambat jadi benar-benar menguras tenaga. Walau begitu, kita terus mencoba untuk tampil menyerang karena lebih enak buat kita. Dukungan suporter dan tim Indonesia juga membakar semangat kami, jadi kami mati-matian mau menang,” jelas Yeremia.

“Di gim kedua kami kendur, pace-nya terlalu lambat. Dan ketika sudah tertinggal malah sulit untuk mengembalikan kecepatannya, di lain sisi lawan juga jadi percaya diri dan makin tidak mudah mati,” sahut Pramudya.

Pramudya menambahkan di gim ketiga mereka coba mengembalikan tempo yang dipakai di gim pertama. “Di gim ketiga kami coba mengulang apa yang dilakukan di gim pertama. Menambah ritme dan menyerang,” tambahnya.

Di partai ketiga, Indonesia menurunkan Christian Adinata untuk meladeni tunggal senior Thailand Sitthikom Thammasin. Sayangnya, Christian tidak mampu mengeluarkan kemampuan terbaik hingga harus menyerah 11-21, 12-21.

“Saya cukup kecewa dengan penampilan hari ini karena tadi mainnya serba tanggung. Kurang jelas mau main seperti apa jadi tidak bisa 100% padahal saya sudah diskusi dan siapkan strategi bersama pelatih,” ungkap Christian.

“Memang mainnya tidak keluar. Beban ada tapi tadi lawan memang lebih senior,” sambung Christian.

Ganda putra kembali menjadi penyelamat tim Garuda. Kali ini, giliran Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin sukses memperpanjang napas Indonesia.

Mereka menang mudah atas Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul 21-8, 21-13 dalam durasi waktu hanya 33 menit.

“Lawan bermain tidak dalam performa terbaiknya. Mungkin ada beban,” ujar Leo.

“Kami juga sebenarnya belum terlalu in, masih adaptasi karena ini turun pertama kali. Tadi lampunya agak silau,” ujar Leo lagi.

Skor 2-2 membuat pertandingan berlanjut ke partai kelima. Bobby Setiabudi melawan Panitchapon Teeraratsakul.

Pada akhirnya Bobby harus mengakui keunggulan lawannya 18-21, 19-21.

“Saya bermain kurang sabar dan buru-buru. Tadi juga terlalu yakin akhirnya jadi bumerang. Di gim kedua akhir lawan lebih berani dan semangat, saya kecolongan,” ucap Bobby.

“Mohon maaf belum bisa memberikan yang terbaik. Terima kasih untuk semua dukungannya, dari suporter dan tim,” tutupnya.

Hasil Semifinal Putra Indonesia vs Thailand (2-3):

Tunggal 1: Chico Aura Dwi Wardoyo vs Kunlavut Vitidsarn, 14-21, 14-21
Ganda 1: Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan vs Chaloempon Charoenkitamorn, 21-16, 12-21, 21-16
Tunggal 2: Christian Adinata vs Sitthikom Thammasin, 11-21, 12-21
Ganda 2: Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul, 21-8, 21-13
Tunggal 3: Bobby Setiabudi vs Panitchapon Teeraratsakul, 18-21, 19-21 (*)

Leave a Reply