Kejuaraan Asia 2022: Pelatih Evaluasi Tim Ganda Campuran

Manila, 30 April 2022

Tiga pasangan ganda campuran pelatnas tidak berhasil melangkah lebih jauh di Kejuaraan Asia 2022. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari terhenti di babak perempat final, Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso kalah di babak 16 besar, dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati takluk di pertandingan pertama.

Sebagai pelatih, Amon Santoso memberikan evaluasinya.

“Untuk Rinov/Pitha terlepas dari permainan kemarin, sudah bagus penampilannya. Hanya dalam servis pembukaan terutama Pitha harus ada perbaikan juga di pertahanan mereka,” ujar Amon.

“Untuk Adnan/Mychelle mereka masih sering melakukan kesalahan sendiri dan konsentrasi dalam bertanding kurang maksimal. Sebenarnya walau menghadapi pasangan-pasangan top, mereka harusnya bisa memberikan perlawanan yang lebih baik,” sahut Amon.

Sementara bagi Rehan/Lisa, Amon berharap mereka bisa terus menambah jam terbang di turnamen-turnamen internasional.

“Untuk Rehan/Lisa mereka masih kurang pengalaman dan kelihatan sekali demam panggung apalagi langsung menghadapi pemain-pemain level atas. Perlu keberanian buat mereka dan juga jam terbang yang lebih lagi,” papar Amon.

Lebih lanjut Amon berharap pengalaman di Kejuaraan Asia 2022 ini menjadi tambahan motivasi bagi ketiganya untuk berkembang lebih baik. Terutama bagi Rinov/Pitha dan Adnan/Mychelle yang akan bertarung di ajang SEA Games Hanoi 2021 bulan depan.

“Untuk SEA Games nanti, kami mesti mendapatkan hasil yang baik. Rinov/Pitha dan Adnan/Mychelle ada persiapan sedikit untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan mereka. Target kami medali emas,” tegas Amon.

Indonesia menyisakan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di sektor ganda campuran. Pasangan nomor lima dunia itu ditantang unggulan pertama asal China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong di babak semi final, Sabtu (30/4) ini.

Berikut rekap hasil wakil pelatnas di sektor ganda campuran pada Kejuaraan Asia 2022.

1. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

– Babak 32 besar vs Tang Chun Man/Tse Ying Suet (6/Hong Kong China), 21-10, 21-19
– Babak 16 besar vs Hussein Zayan Shaheed/Fathimath Nabaaha Abdul Razzaq (Maladewa), 21-7, 21-6
– Babak Perempat Final vs Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (3/China), 13-21, 11-21

2. Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso

– Babak 32 besar vs bye
– Babak 16 besar vs Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (1/China), 11-21, 13-21

3. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati

– Babak 32 besar vs Yuta Watanabe/Arisa Higashino (2/Jepang), 5-21, 12-21 (*)

Leave a Reply