Kejuaraan Asia 2022: Jojo Hadapi Chico, Ginting Gagal

Manila, 29 April 2022

Nasib berbeda dialami dua tunggal putra Indonesia di babak perempat final Kejuaraan Asia 2022 yang diselenggarakan di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Jumat (29/4).

Jonatan Christie berhasil menyegel satu tiket semi final usai mengatasi wakil Singapura, Loh Kean Yew dua gim langsung 22-20, 23-21. Ini menjadi kemenangan kelima beruntun Jonatan atas juara dunia 2021 itu.

“Yang pertama Puji Tuhan bisa lolos ke semi final untuk pertama kali di Kejuaraan Asia ini,” ucap Jojo, sapaan akrab Jonatan.

“Pastinya tidak mudah melawan Loh yang notabene adalah juara dunia. Rekor pertemuan saya yang unggul juga tidak bisa dijadikan patokan karena dia pasti ada perkembangan. Jadi tadi tidak membuat saya lebih percaya diri,” ungkap Jojo.

Dikatakan Jojo bahwa kunci kemenangannya hari ini adalah menikmati pertandingan dan bermain maksimal.

“Hari ini saya coba bermain maksimal dan menikmati pertandingan. Fokus juga memegang bola depan untuk mencari serangan,” ujar Jojo.

“Tadi di gim kedua saya sedikit kurang tenang. Setelah unggul 19-16 malah tersusul dan setting. Saat setting saya mencoba untuk maksa menyerang lagi,” jelasnya.

Dengan kemenangan ini, Indonesia memastikan satu tempat di final tunggal putra karena Jojo akan bertemu rekan senegara, Chico Aura Dwi Wardoyo di babak semi final.

“Lawan Chico ya sudah sama-sama saling mengenal. Kami latihan bareng, bertemu di turnamen resmi juga sudah pernah. Dia luar biasa improve-nya,” sahut Jojo.

Sayang langkah Jojo dan Chico gagal diikuti Anthony Sinisuka Ginting. Ginting menyerah dari pebuluangkis China, Weng Hong Yang dengan skor 13-21, 21-16, 11-21.

Pelatih tunggal putra Irwansyah mengomentari kekalahan Ginting tersebut.

“Sebenarnya permainan Ginting sudah bagus, hanya memang masih ada beberapa keragu-raguan dalam mengambil keputusan. Di samping itu lawan memang sedang on fire,” kata Irwansyah.

“Saya cukup puas dengan penampilan Ginting di turnamen ini. Dia sudah mulai menemukan lagi pola main yang kita inginkan. Ke depan saya berharap perfirmanya bisa terus membaik,” tutup Irwansyah. (*)

Leave a Reply