Kejuaraan Asia 2022: Vito: Fokus, Masih Menjadi PR Saya

Manila, 27 April 2022

Pebulutangkis Shesar Hiren Rhustavito harus bekerja ekstra keras untuk mengamankan satu tiket babak 16 besar Kejuaraan Asia 2022. Vito, sapaan akrabnya, menghabiskan waktu 59 menit sebelum menang tiga gim atas wakil Chinese Taipei, Lin Chun-Yi dengan skor 14-21, 22-20, 21-19.

Berlaga di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Rabu (27/4), Vito memulai pertandingan dengan kurang baik. Dia banyak melakukan kesalahan-kesalahan sendiri.

“Saya akui hari ini lawan bermain cukup baik,” ucap Vito seusai laga.

“Di gim pertama saya banyak melakukan kesalahan-kesalahan sendiri. Dan masih susah mengontrol angin yang lumayan ekstrem,” sambungnya.

Di gim kedua, Vito perlahan bangkit. Tunggal putra peringkat 24 dunia itu mampu unggul jauh dalam perolehan poin sebelum mampu dikejar.

Di gim ketiga, hal tersebut terulang lagi. Vito yang unggul 11-4 dan 14-6 malah terkejar di poin-poin kritis. Beruntung ia mampu menuntaskan laga dengan kemenangan.

“Sudah sering saya mengalami hal seperti ini. Unggul jauh lalu terkejar. Tapi alhamdulillah hari ini saya bisa menang,” tutur Vito.

“Menahan untuk tetap fokus masih menjadi pekerjaan rumah saya ke depan. Kalau sudah hilang, saya sulit untuk mengembalikannya. Ini yang ingin terus saya perbaiki,” kata Vito.

Dengan hasil ini, Vito menambah wakil tunggal putra Merah-Putih ke babak 16 besar. Sebelumnya Chico Aura Dwi Wardoyo dan Jonatan Christie juga sudah terlebih dahulu menang.

Chico menghempaskan Kento Momota (Jepang) 17-21, 21-17, 21-7. Sementara Jojo menang atas Sai Praneeth (India) 21-17, 21-13.

“Tadi sebelum main, saya sempat tanya Chico yang sudah main di lapangan yang sama. Jadi kurang lebih sudah tahu mana menang dan kalah anginnya,” jelas Jojo.

“Setelah tahu, saya coba terapkan strategi yang sudah disiapkan. Puji Tuhan semua lancar. Saya juga berharap, saya bisa dapat poin sebanyak-banyaknya di turnamen ini,” harap Jojo.

Masih ada satu lagi tunggal putra yang akan bertanding. Yaitu Anthony Sinisuka Ginting yang berhadapan dengan Sitthikom Thammasin dari Thailand. (*)

Leave a Reply