Jerman Terbuka 2022: Dua Ganda ke 16 Besar

Jakarta, 9 Maret 2022

Dua wakil Indonesia kompak memenangi pertandingan di hari kedua babak 32 besar turnamen bulutangkis Jerman Terbuka 2022. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di sektor ganda campuran dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di ganda putra.

Bertanding di Westenergie Sporthalle pada hari Rabu (9/3), Rinov/Pitha menang mudah 21-10, 21-6 atas wakil Selandia Baru Oliver Laydon-Davis/Anona Pak. Sedangkan Fajar/Rian harus menjalani laga lebih panjang sebelum menang 21-14, 9-21, 21-14 atas pasangan Denmark, Jeppe Bay/Lasse Molhede.

Rinov/Pitha yang saat ini menjadi andalan nomor wahid ganda campuran pelatnas, mensyukuri hasil yang diraih.

“Alhamdulillah hari ini bisa menang, tadi lebih mencoba menyesuaikan pola bermain. Mencoba untuk masuk dulu dan tidak mati sendiri,” ucap Pitha.

“Alhamdulillah kami bisa diberikan kemenangan. Dari segi permainan masih menyesuaikan lapangan, kondisi angin dan shuttlecocknya,” sambung Rinov.

Tampil pertama kali di tahun 2022, membuat Rinov/Pitha merasa tegang.

“Beban ada, tegang pun ada, normalnya mau pertandingan saja, cuma tidak mau terlalu dipikirkan. Lebih ke fokus sama pertandingannya,” ungkap Pitha.

Di babak 16 besar, Rinov/Pitha akan bersua pasangan Jepang, Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo yang secara mengejutkan berhasil mengalahkan rekan senegaranya, Yuta Watanabe/Arisa Higashino dengan skor 21-15, 21-19.

“Besok kans ada, dan lebih percaya diri juga harusnya. Cuma tidak boleh over confidence juga. Semua lawan sama saja sih, yang beda dari kondisi kitanya bagaimana. Nah sekarang apapun keadaanya ya harus percaya diri karena kita latihan sudah capek,” jelas Rinov.

“Peluang pasti ada, ya semua bisa terjadi di dalam lapangan, siapa yang lebih siap dia yang menang. Semoga besok bisa kasih yang terbaik,” kata Pitha.

Berbeda dengan Rinov/Pitha, Fajar/Rian malah masih mencari-cari feel pertandingan di laga perdana tadi. Banyaknya melakukan kesalahan sendiri menjadi evaluasi jelang laga selanjutnya.

Fajar-Rian usai menang 21-14, 9-21, 21-14 atas pasangan Denmark, Jeppe Bay/Lasse Molhede.

“Ya alhamdulillah menang, tapi mainnya masih tidak enak. Banyak sekali melakukan kesalahan sendiri,” ungkap Fajar.

“Alhamdulillah hari ini pertandingannya lancar tanpa ada cedera sampai akhir. Untuk tadi bermain sih feeling mainnya masih belum enak, kita masih mencari cara supaya bisa lebih dapat feel mainnya dan mencoba adaptasi dengan shuttlecock dan lapangannya. Kemarin sudah enak pas latihan, tapi hari ini pas main yang paling terasa shuttlecocknya seperti beda dengan pas yang latihan,” jelas Rian.

“Evaluasinya lebih fokus dari service. Harus lebih disiapin dan jangan ragu-ragu untuk pukulan sambungannya,” tutup Rian.

Di sektor tunggal putra, baru saja Jonatan Christie juga memastikan tiket babak 16 besar usai mengalahkan wakil China Li Shi Feng dengan pertarungan rubber game 21-16, 18-21, 21-15. (*)

Leave a Reply