Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu 2022: Garuda Muda Siap Bertarung Lawan Hong Kong

Selangor, 14 Februari 2023
Tim bulutangkis Indonesia siap melakoni pertandingan pembuka Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu (BATC) 2022. Baik tim putra maupun putri Tim Merah-Putih bakal bertarung menghadapi Hong Kong.

Pada bagian putri,

“Pertandingan ini begitu penting karena akan menentukan langkah kita selanjutnya. Saya meminta pemain harus fight dan pantang menyerah,” ujar Aryono Miranat, pelatih ganda putra kepada Tim Humas PBSI di Hotel Sunway Pyramid, Selangor, Senin (14/2) sore.

Di hari terakhir persiapan, Senin (14/2), Skuad Garuda Muda berlatih di tempat pertandingan. Latihan mulai pukul 09.30 dan berlangsung selama 90 menit. Secara bergantian tim putra dan putri melakoni persiapan terakhir jelang berlaga perdana pada kejuaraan yang diikuti 8 negara tersebut.

Pada kelompok putra, dalam ajang ini Indonesia tergabung di Grup A bersama India, Korea Selatan, dan Hong Kong. Sementara pada Grup B, diisi Jepang, tuan rumah Malaysia, Singapura, dan Kazakhstan.

Untuk putri, tim Merah-Putih tergabung di Grup Z bersama Korea Selatan, Hong Kong, dan Kazakhstan. Sedangkan di Grup Y ditempati Jepang, India, dan Malaysia.

“Ini adalah latihan terakhir karena besok sudah bertanding. Saya meminta kepada semua pemain tetap fokus berlatih. Yang besok akan dimainkan harus siap, sementara yang tidak terpilih tetap mendukung,” kata Aryono.

Kapten tim putra-putri Indonesia, baik Chico Aura Dwi Wardoyo maupun Gregoria Mariska Tunjung menyebut, dirinya dan rekan setim juga sudah siap bertanding. Para pemain sudah bertekad untuk bisa menampilkan performa terbaik.

“Saya dan kawan-kawan sudah siap bertanding. Kondisi kesehatan kami juga tidak ada masalah. Semua siap turun bertanding dan berjuang untuk meraih yang terbaik,” aku Chico.

Gregoria menambahkan, tim putri juga ingin meraih prestasi terbaik. Menghadapi Hong Kong, dirinya tidak takut. Rekan-rekannya pun sudah bertekad untuk menampilkan performa terbaik pada laga pembuka tersebut.

“Kami siap untuk menghadapi Hong Kong. Mohon doa dan dukungannya agar saya dan tim putri bisa menampilkan hasil maksimal,” sebut Gregoria.

Pelatih tunggal putri, Herli Djaenudin pun menyebut, meski diperkuat pemain muda, Indonesia akan berjuang keras untuk memberikan perlawanan yang sepadan.

“Tim Indonesia kali ini diperkuat semua pemain muda. Ini saatnya untuk membuktikan bahwa kualitas pemain muda ini juga sama bagusnya,” tutur Herli.

Sementara pelatih ganda putri, Prasetyo Restu Basuki terus menyemangati tim Indonesia. “Bagi yang terpilih tampil main, berjuanglah mati-matian di tengah lapangan. Semua harus berjuang maksimal. Soal kalah dan menang itu jangan dipikirkan, yang penting pemain harus memberikan yang terbaik dulu,” kata Prasetyo.

Diinformasikan bahwa penyerahan susunan daftar nama pemain yang diturunkan setiap negara, harus diterima panitia paling lambat tiga setengah jam sebelum pertandingan berlangsung. Artinya untuk tim putri, nama susunan pemain Indonesia paling lambat harus diserahkan ke panitia pada Selasa (15/2) pukul 06.30 pagi. Untuk tim putra pukul 12.30. (*)

Leave a Reply