Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu 2022: Skuad Garuda Muda Antusias Cicipi Latihan Perdana

Selangor, 12 Februari 2022
Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Anggota Skuad Garuda Muda yang dipersiapkan ke Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu (BATC) 2022 akhirnya untuk kali perdana bisa mencicipi latihan.

Latihan perdana ini berlangsung pada Sabtu (12/2) siang di Setia Badminton Hall, Selangor, sekitar 45 menit perjalanan dengan bus dari tempat menginap di Hotel Sunway Pyramid, Selangor. Semua anggota tim begitu bersemangat dan antusias melakoni latihan selama 2 jam, mulai pukul 14.00 waktu setempat.

“Setelah dikarantina selama lima hari, untuk pertama kali tim bulutangkis Indonesia bisa berlatih. Anak-anak begitu antusias dan semangat bisa kembali berlatih. Dari kemarin mereka rasanya sudah gatal untuk berlatih,” tutur Aryono Miranat, pelatih ganda putra.

Setelah hasil tes swab PCR kedua keluar pada Sabtu (12/2) pagi yang menyatakan negatif, tim Indonesia bisa berpindah dari hotel karantina di Hotel Sunway Clio ke hotel resmi kejuaraan di Sunway Pyramid. Chico Aura Dwi Wardoyo dkk., pun diizinkan berlatih untuk kali pertama.

Dipimpin duet pelatih fisik Yansen Alpine dan Ari Subarkah, pemain langsung melakoni latihan pemanasan dan peregangan secara bersama-sama. Setelah itu dilanjutkan dengan latihan teknik berupa gim. Selain Indonesia, tim Korea Selatan juga berbagi di arena yang menyediakan 16 lapangan tersebut untuk berlatih.

Menurut Aryono, hingga tampil pada pertandingan pembuka, Selasa (15/2) nanti, tim Indonesia mendapat tiga kali kesempatan berlatih. Dua kesempatan berlatih berikutnya akan dilakukan di tempat latihan dan Setia City Convention Centre, Selangor, tempat pertandingan.

“Tiga kali kesempatan latihan ini harus dimaksimalkan sebelum turun bertanding. Saya lihat pemain melahap porsi latihan dengan cukup baik. Kondisi pemain juga semua sehat. Cuma karena ini latihan pertama saya lihat masih ada kendala, napas pemain masih ngap,” tambah Aryono, pelatih ganda putra.

Hal ini diakui oleh Daniel Marthin. “Wah senang rasanya bisa berlatih. Tentu saya dan teman-teman sangat antusias. Hanya karena ini latihan pertama, rasanya masih ngap. Napas ini masih terasa berat,” ujar pemain ganda putra ini.

Pemain tunggal putri, Putri Kusuma Wardani juga menyambut positif latihan perdana ini. “Setelah dikarantina lima hari, hari ini saya bisa berlatih. Saya tentu senang bisa berlatih dan merasakan atmosfer latihan lagi,” tutur Putri, yang mengaku kepanasan saat latihan di siang hari yang terik.

Diingatkan oleh psikolog PBSI, Endro Wibowo, kebersamaan dan kekompakan tim harus terus dijaga oleh seluruh anggota tim Merah-Putih. Karena kebersamaan ini kerap menjadi kunci sukses tim saat berlaga pada kejuaraan beregu seperti BATC ini.

“Para pemain harus berprinsip, tampil pada kejuaraan beregu bila menang, maka kemenangan itu menjadi kemenangan bersama. Sebaliknya bila kalah, kekalahan itu menjadi kekalahan bersama,” pesan Endro. (*)

Leave a Reply