Mimpi Akane ke Final Dijegal Sindhu

Pebulutangkis tunggal putri Jepang, Akane Yamaguchi menelan pil pahit kekalahan di babak semifinal turnamen bulutangkis bertajuk HSBC BWF World Tour Finals 2021. Mimpi Akane untuk menapak ke final, digagalkan pemain asal India, Pusarla Sindhu dengan skor 15-21, 21-15, 19-21 dalam tempo 70 menit di Bali International Convention Centre & Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Sabtu, (4/12).

Pada pertandingan ajang berhadiah total 1,5 juta dolar AS ini, Akane berusaha keluar dari tekanan Sindhu yang bermain cepat sejak awal. Belum lagi tinggi badan juara Kejuaraan Dunia 2019 yang menjulang dengan footwork agresif, menjadi keuntungan dalam mengejar penempatan shuttlecock Akane yang akurat.

“Sebenarnya saya punya strategi untuk meredam pergerakan agresif Sindhu. Tapi sayang di gim terakhir tidak berjalan sempurna,” Akane.

Akane melanjutkan, pada gim kedua strategi itu berjalan dengan baik dan situasi berbalik menjadi keuntungan buat Akane. Namun di gim ketiga, Sindhu mulai membaca pola permainan Akane hingga bisa keluar dari situasi itu.

“Di gim ketiga, pola permainan sudah terbaca dan lawan kembali menekan,” kata pemain kelahiran Fukui, 6 Juni 1997.

Setelah kegagalan di ajang ini, Akane akan bersiap untuk bertarung di Kejuaraan Dunia 2021 yang berlangsung di Huelva, Spanyol pada 12-19 Desember mendatang. Dirinya akan melakukan pemulihan fisik dan mental sekaligus evaluasi dari keikutsertaan di Indonesia Badminton Festival ini.

“Kesalahan yang ada di pertandingan ini dan seluruh pertandingan di Bali akan jadi bahan pelajaran dan evaluasi dengan pelatih untuk tampil di Spanyol,” ungkap Akane. (*)

Leave a Reply