(German Junior 2020) ­Ke Final, Alvi Belajar dari Pengalaman

(Jakarta, 8/3/2020)

Alvi Wijaya Chairullah lolos ke putaran final German Junior 2020 usai melewati laga semifinal melawan Justin Hoh (Malaysia), dengan skor 21-19, 21-17. Di hari yang sama pada babak perempat final ia menaklukkan rekan senegara sendiri, Muhammad Sultan Nurhabibu Mayang, dengan skor 21-9, 21-13.

"Saya mainnya lebih sabar dan nggak banyak mati sendiri. Saya juga bisa jaga fokus dan yakin di lapangan, yakin poin per poinnya. Selain itu saya bisa menahan pukulan-pukulan lawan yang ternyata kemudian banyak mati sendiri," kata Alvi ketika diwawancara Badmintonindonesia.org dari Jakarta.

Alvi bakal kembali ditantang pemain asal Malaysia pada babak final. Kali ini lawannya tentu lebih berat. Pemain unggulan ketiga, Kok Jing Hong, akan menjadi lawan Alvi. Pada pekan lalu di Dutch Junior 2020, Kok mengalahkan Alvi dalam dua game langsung dengan skor 21-15, 21-19.

"Saya mau belajar dari kekalahan saya di Belanda, saya akan lihat video pertandingan kami. Dari segi permainan dia lebih matang dibanding lawan di semifinal, lebih berpengalaman dan serangannya lebih bagus," ujar pemain kelahiran 24 Agustus 2002 ini.

"Dari kekalahan sebelumnya, saya belajar untuk tidak kasih kesempatan kepada dia untuk menyerang. Mainnya lebih sabar dan lebih lepas lagi," lanjut Alvi.

German Junior 2020 merupakan kejuaraan ketiga yang diikuti Alvi, pada dua pekan sebelumnya ia juga mengikuti Italian Junior 2020 dan Dutch Junior 2020.

"Pasti ada evaluasi di dua kejuaraan sebelumnya, saya harus lebih yakin di setiap partai. Harus ditingkatkan lagi fokusnya, jaga pikiran waktu tanding di lapangan," kata Alvi.

"Semoga saya bisa meraih gelar juara di sini dan ke depannya saya berharap bisa tampil konsisten," ujar pemain asal klub Mutiara Cardinal Bandung ini.

Indonesia sementara punya tiga wakil di babak final. Selain Alvi, ada tunggal putri Stephanie Widjaja dan ganda putra Muhammad Rayhan Nur Fadillah/Rahmat Hidayat. Masih ada satu kesempatan lagi menambah wakil di final ganda campuran, jika Teges Satriaji Cahyo Hutomo/Indah Cahya Sari Jamil hari ini di semifinal bisa mengatasi Muhammad Haikal/Low Yeen Yuan dari Malaysia. Jadwal selengkapnya dapat dilihat di sini. (*)