(BATC 2020) Susy Evaluasi Penampilan Tim Putra

(Manila, 12/2/2020)

Manajer Tim Indonesia, Susy Susanti, mengevaluasi penampilan tim putra Indonesia dalam laga melawan Korea di babak penyisihan grup A, Rabu (12/2) di Rizal Memorial Coliseum. Indonesia menjadi juara grup A setelah mengalahkan Korea dengan skor 4-1.

Satu-satunya nomor yang lepas dari Indonesia adalah di tunggal kedua, di mana Jonatan Christie dikalahkan pemain senior Korea, Son Wan Ho, dengan skor 16-21, 25-27. Sektor tunggal memang menjadi kekuatan tim Negeri Ginseng tersebut. Di partai pertama, Anthony Sinisuka Ginting juga dipaksa bermain tiga game oleh Heo Kwang Hee, dengan skor akhir 24-22, 19-21, 21-16.

"Seperti yang kita bicarakan bahwa Korea bukan tim yang mudah dikalahkan, tiap partai ada perlawanan, sebetulnya bisa menang 5-0, tapi Jonatan belum main di penampilan terbaik. Mainnya masih monoton dan terbawa irama lawan. Ini jadi pelajaran buat Jonatan untuk pertandingan selanjutnya," kata Susy kepada Badmintonindonesia.org.

"Kami memang yakin bisa ambil di dua ganda, dan satu ambil dari tunggal. Sebetulnya punya kans juga sapu bersih, tapi balik lagi, Korea adalah tim yang kuat. Anthony juga masih belum adaptasi di awal permainan sampai ketinggalan 1-7 di game pertama," tutur Susy.

Susy juga memberikan masukan kepada para pemain soal kondisi lapangan yang cukup licin.

"Pemain harus lebih siap dengan kondisi seperti ini. Mereka sudah pernah menghadapi situasi yang sama, kalau terpeleset ya dijatuhkan saja badannya, tidak usah ditahan, malah bisa cedera. Kalau main ragu-ragu dan setengah-setengah juga jadinya nggak bisa fokus. Lapangan juga harus sering dipel, supaya tidak basah dan tambah licin," jelas Susy.

Tim putra masih menunggu calon lawan mereka di babak perempat final. Sedangkan tim putri masih harus melewati satu laga lagi di babak penyisihan grup Y melawan Thailand, pada esok pagi, Kamis (13/2).

Berikut hasil lengkap pertandingan tim putra Indonesia vs Korea:

Anthony Sinisuka Ginting vs Heo Kwang Hee 24-22, 19-21, 21-16

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon vs Choi Solgyu/Kim Won Ho 21-14, 21-16

Jonatan Christie vs Son Wan Ho 16-21, 25-27

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Na Sung Seung/Wang Chan 21-10, 21-14

Shesar Hiren Rhustavito vs Kim Dong Hoon 15-21, 21-13, 21-14