Komunitas Bulutangkis Indonesia Rayakan Imlek Bersama Presiden Jokowi

(Jakarta, 30/1/2020)

Komunitas Bulutangkis Indonesia (KBI) menghadiri perayaan Hari Imlek Nasional bersama Presiden Joko Widodo di ICE BSD pada hari ini, Kamis (30/1). Sejumlah mantan pebulutangkis hadir diantaranya Susy Susanti, Alan Budikusuma, Hariyanto Arbi, Vita Marissa, Lydia Djaelawidjaja, Eliza dan masih banyak lagi.

Dalam kesempatan ini, Susy yang merupakan atlet Indonesia keturunan Tionghoa pertama yang menyumbang medali emas olimpiade untuk Indonesia di Olimpiade Barcelona 1992, didaulat Presiden Jokowi untuk naik ke atas panggung dan menceritakan pengalamannya saat meraih emas olimpiade.

Jokowi juga bertanya kepada Susy mengenai persiapannya jelang olimpiade, ia memuji ketekunan Susy dalam menjalani latihan selama hampir sembilan jam sehari.

"Tadi pada saat diminta maju ke panggung, tahu-tahu pak Jokowi menyebut nama saya, sempat kaget juga, karena tidak ada pemberitahuan sebelumnya, tiba-tiba saja dipanggil maju ke panggung dan ditanya-tanya sama pak Jokowi soal pengalaman di Olimpiade Barcelona 1992," kata Susy kepada Badmintonindonesia.org.

"Saya bilang waktu itu tentunya ada rasa haru dan bangga sebagai orang Indonesia bisa mengibarkan Merah-Putih di negeri orang. Rasanya betul-betul tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata," lanjut Susy.

Setelah selesai tanya jawab dengan Jokowi, Susy sempat melempar canda minta sepeda. Hal ini sontak mengundang gelak tawa para undangan yang hadir.

"Waktu saya mau turun panggung, pak Jokowi diam saja, biasanya kan kalau habis jawab pertanyaan pak Jokowi dapat sepeda. Jadi tadi saya tanya saja, Pak, saya nggak dikasih sepeda? ha haha," canda Susy.

"Bapak nanya ke ajudannya ‘Kita bawa sepeda nggak ya?’ Lalu katanya ada, jadi saya dikasih sepeda. Pak Jokowi bilang, bawa sendiri ya sepedanya, saya jawab siap pak. Ini sepedanya sampai masuk dalam bis rombongan tim KBI dan malah teman-teman mau foto bareng sepedanya, ha ha ha," lanjut Susy.

Susy menceritakan bahwa Jokowi sempat bertanya apakan sepeda ini akan dipakainya, lalu ia jawab pasti akan dipakainya. Meskipun sudah tak menjadi atlet, namun hingga saat ini Susy tetap menjaga kebugarannya dengan berolahraga teratur, termasuk bersepeda.

"Sepedanya pasti dipakai dong, sama anak-anak saya juga. Tentunya bakal dirawat karena ada tertulis juga bacaaanya hadiah dari Presiden Jokowi. Terima kasih, pak!" pungkas Susy.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga menuturkan apresiasinya kepada para atlet Indonesia keturunan Tionghoa yang telah mengharumkan nama Indonesia di bidang olahraga diantaranya adalah Susy, Alan, Candra Wijaya, Liliyana Natsir, Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon, Jonatan Christie dan Lindswell Kwok (Wushu) (*).