(Malaysia Masters 2020) Fajar/Rian Menangi Duel Perang Saudara

(Kuala Lumpur, 10/1/2020)

Duel seru antara dua ganda putra Indonesia di babak perempat final Malaysia Masters 2020 akhirnya dimenangkan oleh Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Unggulan kelima ini menundukkan pasangan rangking satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dengan skor 21-19, 17-21, 23-21.

Fajar/Rian yang sudah unggul jauh 17-10 di game ketiga, hanya butuh empat poin lagi menuju kemenangan. Namun Kevin/Marcus merebut sepuluh poin berturut-turut dan balik unggul match point dengan skor 20-17. Pertandingan belum selesai, Fajar/Rian mencoba bangkit dan kembali memimpin perolehan angka 21-20 dan akhirnya memenangkan pertandingan.

"Alhamdulillah kami bersyukur bisa menang, pertandingannya tadi alot sekali, banyak reli. Waktu unggul 17-10 itu memang blank dan servis koh Sinyo (Marcus) begitu menyulitkan, servisnya tipis sekali. Saya juga beberapa kali kurang siap saat terima servis," ungkap Fajar usai pertandingan.

"Sebetulnya kami bukan lengah, tapi waktu tersusul, kami masih kepikiran kok jadi tersusul. Seharusnya konsentrasi ke permainan, bukan memikirkan poinnya tersusul," lanjut Fajar.

Pertandingan memang berlangsung sangat menegangkan saat kedua pasangan adu setting di kedudukan 20-20. Baik Kevin/Marcus dan Fajar/Rian sama-sama saling memberikan tekanan.  

"Lawan walaupun ketinggalan tapi tetap confident dan fokus satu demi satu poin, akhirnya mereka bisa menyusul dan balik unggul, malah dari kami yang ragu-ragu. Tadi kami berusaha fokusnya ke permainan kami, nggak mikirin menang-kalah, yang penting bisa mengeluarkan permainan kami," jelas Rian kepada Badmintonindonesia.org.

"Kami kan sudah tahu permainan mereka, begitu juga mereka, kami tiap hari latihan bersama. Jadi mainnya tadi saling jagain kebiasaan-kebiasaan masing-masing," imbuh Fajar.

Pada babak semifinal, Fajar/Rian akan bertemu dengan Lee Yong Dae/Kim Gi Jung (Korea) yang baru saja mengalahkan wakil tuan rumah, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi lewat laga sengit dengan skor 19-21, 21-15, 22-20.

"Di semifinal kami siap ketemu siapa saja, yang penting dijaga fokus dan staminanya," tutur Fajar.

Babak semifinal Malaysia Masters 2020 akan dimainkan besok, Sabtu (11/1), mulai pukul 12.00 waktu Kuala Lumpur, atau sekitar pukul 11.00 WIB. Jadwal selengkapnya dapat dilihat di sini. (*)