Ini Target Tim Ganda Campuran Pratama di Tahun 2020

(Jakarta, 11/12/2019)

Tim ganda campuran pelatnas pratama terus berupaya untuk meningkatkan kualitas penampilan mereka. Mengevaluasi performa sepanjang tahun 2019, Kepala Pelatih Ganda Campuran Pratama, Amon Santoso, mengatakan bahwa secara umum penampilan tim sudah cukup baik namun masih banyak hal-hal yang perlu ditingkatkan.

Hal ini diungkapkan Amon dalam sesi sharing tim yang berlangsung di sela team gathering di Pulau Sepa, Selasa (10/12) malam.

"Tahun depan nggak ada santai-santai, semua harus keluar dari zona nyaman. Semuanya di tim ini berteman tapi juga bersaing" kata Amon.

"Masih banyak yang harus diperbaiki supaya tahun depan dapat hasil yang lebih baik dari tahun ini, diantaranya power, fisik dan konsentrasi. Kadang masih ada yang suka blank dan buang-buang bola yang nggak perlu," ungkap Amon.

Memasuki. tahun 2020, tim ganda campuran pratama membidik target sebanyak mungkin di turnamen level Super 100. Pada awal tahun depan, PP PBSI akan mengumumkan perubahan susunan penghuni pelatnas lewat daftar pemanggilan atlet. Hal ini tentunya akan mengubah komposisi tim, termasuk tim ganda campuran pratama.

"Ada yang dipromosikan ke tim utama, ada yang harus kembali ke klub dan akan ada pemain-pemain baru masuk pelatnas yang bergabung di tim pratama. Dengan perubahan-perubahan ini, tim kami harus lebih siap lagi," tutur Amon kepada Badmintonindonesia.org.

"Target tim ganda campuran pratama di 2020 adalah gelar-gelar di turnamen level Super 100 dan tentunya meloloskan pemain pratama ke tim utama. Kalau di level Super 300 kan memang tim pratama jarang ikut, jadi kami maksimalkan dulu di level Super 100," lanjut Amon.

Dalam acara sharing, Asisten Pelatih Vita Marissa juga memberikan wejangan kepada para pemain. Vita menekankan pentingnya attitude sebagai seorang pemain.

"Semoga karakter pemain tidak berubah, jangan sombong. Attitude itu penting banget, ke depannya kan nggak terus-terusan jadi atlet, akan ada kehidupan di luar bulutangkis. Dan perlu diingat, contohlah apa yang baik dan patut dicontoh," sebut Vita.

Vita juga mengapresiasi kerja keras Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso yang memiliki catatan prestasi cukup baik sejak pertengahan 2019.

"Untuk semuanya, bisa dicontoh hasil yang didapat Adnan, dari pemain berstatus magang di pratama, bisa punya peluang ke utama," ucap Vita di hadapan tim ganda campuran pratama.

Amon pun berharap mereka yang lolos ke pelatnas utama tidak hanya sekadar ‘transit’ tapi harus sungguh-sungguh di pelatnas utama, karenna tentunya tantangan dan persaingan akan jauh lebih berat. (*)