(SEA Games 2019) Ruselli Bawa Pulang Medali Perak

(Manila, 9/12/2019)

Medali perak menjadi hasil terbaik yang bisa diraih oleh tunggal putri, Ruselli Hartawan pada SEA Games 2019. Bertanding di Muntinlupa Sports Complex, Filipina, Ruselli kalah dari Selvaduray Kisona (Malaysia) rubber game dengan skor 22-20, 14-21, 13-21.

“Pastinya ada kecewanya karena tadi ada kesempatan buat menang setelah game pertama menang. Tapi sudah sampai di sini, bersyukur saja. Karena sudah dikasih lebih dari yang saya inginkan,” kata Ruselli usai laganya, Senin (9/12)

Dengan Kisona, Ruselli sebelumnya pernah kalah lima kali dari enam pertemuan. Laga terakhir Ruselli dengan Kisona terjadi di Piala Uber 2018. Saat itu ia juga kalah rubber game dengan skor 23-21, 21-23, 13-21.

“Bisa sampai di sini tentu puas. Tapi nggak puas juga karena tadi ada kesempatan. Karena kami permainannya tadi imbang. Saya mencoba membuang pikirian kalau head to headnya kalah. Saya mencoba memberikan yang terbaik saja,” ungkap Ruselli.

“Saya terlalu banyak membuka pola buat lawan dan saya juga banyak membuang bola saat posisi menyerang. Saya juga kehilangan konsentrasi. Posisi lapangan kedua juga agak menyulitkan. Karena saya menang angin, pas mau menekan bola jadinya out,” katanya lagi. 

Dengan demikian bulutangkis Indonesia di nomor perorangan saat ini sudah mengantongi satu medali perak dari Ruselli dan medali emas dari pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Sebelumnya dua medali perunggu juga sudah diamankan oleh ganda putra Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf dan ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Indonesia masih punya satu wakil lagi yang akan bertanding di babak final ini. Ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan berhadapan dengan Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong (Thailand).

Hasil lengkap pertandingan final SEA Games 2019 bisa dilihat di sini. (*)