(SEA Games 2019) Underperform, Gregoria Tak Berhasil Kantongi Medali

(Manila, 7/12/2019)

Tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung terhenti di perempat final SEA Games 2019. Ia tak berhasil menyamai pencapaiannya seperti SEA Games 2017 di Malaysia, yang saat itu membawa medali perunggu. 

Bertanding di Muntinlupa Sports Complex, Filipina, Gregoria dikalahkan Selvaduray Kisona (Malaysia) dengan skor 21-19, 12-21, 19-21. Sebelumnya dua pemain ini sudah pernah ketemu dua kali, dan masing-masing mengantongi satu kemenangan.

“Dari pola, dari apapun semua, saya monoton sekali. Permainan kali ini nggak sesuai dengan kemauan saya. Hasil ini nggak sesuai target, karena permainan saya memang jelek di lapangan,” kata Gregoria kepada Badmintonindonesia.org.

Pemain besutan PB Mutiara Cardinal Bandung ini mengaku tak bisa mengeluarkan permainannya dengan baik. Ia banyak melakukan kesalahan sendiri dan tak bisa menguasai emosi di lapangan. Gregoria hanya mampu menang di game pertama. Tapi di game kedua, ia terus di bawah kendali lawan.

Masuk ke game ketiga Gregoria membuka peluang dengan terus unggul jauh dari awal dengan 10-2, 13-7 dan 16-14. Namun di poin kritis, Kisona berhasil menyalip poin hingga akhirnya menang 21-19.

“Sebenarnya lawannya polanya seperti biasa saja. Menyulitkan sekali juga enggak, bolanya nggak sesusah itu. Tapi permainan saya hari ini underperform. Saya ada keinginan buat menang dan cari poin. Tapi ujung-ujungnya mainnya berantakan. Saya tidak bisa mengelola mental di lapangan. Saya nggak bisa mengontrol emosi,” lanjut Gregoria.

“Kalau hasil kurang memuaskan mungkin sebenarnya nggak apa-apa. Tapi masalahnya di lapangan saya juga nggak bisa maksimal mengeluarkan permainan, itu yang membuat saya kecewa sama diri saya,” ungkap Gregoria.

Hasil lengkap pertandingan SEA Games 2019, Sabtu (7/12), bisa dilihat di sini. (*)