(SEA Games 2019) Greysia/Apriyani Lolos, Fadia/Ribka Terhadang Unggulan

(Manila, 7/12/2019)

Hasil berbeda diraih dua ganda putri yang bermain di perempat final SEA Games 2019, Sabtu (7/12). Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil lolos ke semifinal, sementara Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto harus terhadang lawannya.

Fadia/Ribka lebih dulu terhenti saat berhadapan dengan unggulan dua, Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean (Malaysia). Bermain selama 40 menit di Muntinlupa Sports Complex, Filipina, Fadia/Ribka akhirnya menyerah 19-21, 16-21.

“Dari pertama main di sini, kami masih banyak kebawa sama kondisi lapangan. Sebenarnya game pertama mainnya sudah enak, tapi tadi akhirnya kegrebek lagi sama lawan,” ujar Ribka.

“Lawan hari ini kuat dan jarang mati sendiri. Kami kalah kuat. Selain itu juga masih terkendala masalah lapangan. Terus pas poin-poin mepet, kami kurang siap,” kata Fadia.

Kehilangan Fadia/Ribka, harapan sektor ganda putri kini bertumpu pada Greysia/Apriyani. Datang sebagai unggulan pertama, Greysia/Apriyani mudah saja menang dari Savitree Amitrapai/Puttita Supajirakul (Thailand) di babak perempat final. Mereka menang dengan skor meyakinkan 21-7, 21-11 dalam 31 menit.

“Hari ini, dari awal kami mau siap dulu saja di lapangan dan antisiapsinya. Lebih fokus ke diri sendiri dulu. Tadi sudah masuk sama permainan kami. Yang penting pikiriannya harus positif terus,” kata Greysia kepada Badmintonindonesia.org. 

Selanjutnya di semifinal, Greysia/Apriyani akan berhadapan dengan Vivian Hoo/Yap Cheng Wen (Malaysia). Untuk pertandingan tersebut, Greysia/Apriyani punya bekal baik dengan kemenangan mereka di pertemuan sebelumnya. Pada Denmark Open 2019, Greysia/Apriyani menang dari Hoo/Yap dengan skor 21-10, 21-18.

“Pastinya besok pola permainannya lebih ada, dibanding hari ini pasangan baru Thailand. Kami harus lebih antisipasi lagi dengan kondisi lapangan. Kami banyak belajar dari temen-temen sebelumnya, katanya bolanya beda sama beregu kemarin. Terus anginnya juga masih terasa. Pukulan saya pun tadi banyak antisipasi dulu, karena sering goyang bolanya,” ungkap Apriyani.

Jadwal lengkap pertandingan semifinal SEA games 2019 bisa dilihat di sini. (*)