(SEA Games 2019) Tim Putri Indonesia Tertinggal 0-1 Dari Thailand

(Manila, 3/12/2019)

Tim putri Indonesia sementara harus tertinggal 0-1 dari Thailand pada babak final beregu SEA Games 2019. Partai pertama yang mempertemukan Gregoria Mariska Tunjung dengan Ratchanok Intanon, dimenangkan oleh Intanon dengan skor 21-13, 12-21, 21-14.

Game pertama dimulai, Gregoria memang tak bisa banyak mengungguli Intanon. Sempat beradu ketat di awal, Intanon akhirnya berhasil unggul dan mengalahkan Gregoria.

Kondisi berbeda terjadi di game kedua. Gregoria justru berhasil terus memimpin perolehan angka. Ia tak membiarkan Intanon sekalipun menyamai skornya. Gregoria menang 21-12.

“Saya lihat Gregoria mainnya sudah normal dan benar, tapi masih terlalu hati-hati. Cuma memang lawannya lebih berpengalaman. Lawan merubah pola sedikit, Gregoria agak kurang siap. Memang untuk lawan Ratchanok ini harus fokus dan kalau lawan bisa baca pola, harus bisa diantisipasi dengan cepat,” kata Rionny Mainaky, pelatih tunggal putri.

Masuk ke game penentu, Gregoria tertinggal 5-11 pada jeda interval. Hal tersebut berlanjut hingga akhir permainan. Tertinggal 10-20, Gregoria sempat berusaha menambah empat poin menjadi 14-20. Namun pada poin berikutnya, Gregoria terjatuh di lapangan saat berusaha mengejar bola dari Intanon. Ia tak bisa bangun dan harus ditandu keluar lapangan karena mengalami cedera.

“Dia tadi mau ambil bola silang, terus licin lapangannya. Jadi kaki kirinya kena dan jatuh. Kondisi sementara belum tahu separah apa. Tapi saya lihat tadi tangannya gemetaran, berarti memang sakit sekali. Harus dicek lagi,” kata Rionny. 

“Dari sebelum berangkat memang ada kendala sedikit kaki kirinya. Dia bisa main bagus sampai hari ini, sudah baik lah,” ungkap Rionny. 

Berikut hasil sementara pertandingan final beregu putri SEA Games 2019:

Tunggal Putri 1: Gregoria Mariska Tunjung vs Ratchanok Intanon: 13-21, 21-12, 14-21

Ganda Putri 1: Ni Ketut Mahadewi Istarani/Apriyani Rahayu vs Rawinda Prajongjai/Puttita Supajirakul

Tunggal Putri 2: Fitriani vs Busanan Ongbamrungphan

Ganda Putri 2: Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto vs Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong

Tunggal Putri 3: Ruselli Hartawan vs Pornpawee Chochuwong (*)