(SEA Games 2019) Fajar/Rian Menang, Indonesia Unggul 2-0

(Manila, 2/12/2019)

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga berhasil menyumbangkan poin untuk Indonesia pada pertandingan semifinal beregu putra SEA Games 2019. Dalam laga yang berlangsung di Muntinlupa Sports Complex, Filipina, Fajar/Rian mengalahkan Bodin Isara/Maneepong Jongjit dengan skor 22-20, 19-21, 21-17.

Pada laga perdananya ini, Fajar/Rian mengaku masih beradaptasi dengan kondisi lapangan. Hal tersebut membuat mereka tak bisa menang mudah seperti pertemuan sebelumnya di China Open 2019. Saat itu Fajar/Rian menang 21-14, 21-11 dari Isara/Jongjit.

“Bukannya beralasan, tapi memang kenyataannya kami dapat bye sementara mereka sudah coba lapangan. Jadi penguasaan situasi, angin dan lapangan, mereka sudah lebih dulu dari kami. Adaptasi lapangan kami lebih terlambat dari lawan,” kata Fajar.

“Hari ini mereka bermain lebih safe dan nggak gampang mati. Balikan bola mereka juga banyak yang menyusahkan. Bola-bola tanggung juga kami banyak mati sendiri. Lawan juga tadi lebih berani dibanding pertemuan sebelumnya,” ujar Rian.

Fajar/Rian sempat unggul tipis di awal game pertama, tapi selebihnya mereka terus tertinggal 9-13, 15-19 dari Isara/Jongjit. Dalam posisi 15-19, Fajar/Rian kemudian menyalip perolehan poin menjadi 20-19. Setelah terlibat setting point, pasangan Indonesia ini akhirnya bisa menang 22-20.

Beranjak ke game dua, Fajar/Rian melaju tanpa pernah dilampaui skornya oleh lawan. Namun menyentuh angka 18-18, posisi malah berbalik, Fajar/Rian kalah 19-21.

Di game penentu, skor ketat kembali membayangi di awal laga. Beruntung setelahnya, Fajar/Rian terus melenggang memimpin perolehan angka. Skor 21-17 menjadi penanda kemenangan Fajar/Rian di game kedua.

Tim beregu putra Indonesia kini unggul 2-0 dari Thailand. Setelah ini ada Anthony Sinisuka Ginting yang diturunkan untuk mengatasi Sitthikom Thammasin. Anthony punya bekal yang bagus atas Thammasin, dengan kemenangannya di Japan Open 2019 lalu.

Berikut hasil pertandingan sementara, beregu putra Indonesia melawan Thailand di babak semifinal, yang berlangsung di Muntinlupa Sports Complex, Filipina, Senin (2/12):

Tunggal Putra 1: Jonatan Christie vs Kantaphon Wangcharoen: 22-20, 8-21, 21-8

Ganda Putra 1: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Bodin Isara/Maneepong Jongjit: 22-20

Tunggal Putra 2: Anthony Sinisuka Ginting vs Sitthikom Thammasin

Ganda Putra 2: Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf vs Kittisak Namdash/Nipitphon Phuangphuapet

Tunggal Putra 3: Shesar Hiren Rhustavito vs Suppanyu Avihingsanon (*)