(French Open 2019) Fitriani Dan Rinov/Mentari Terhadang Di Babak Dua

(Paris, 24/10/2019)

Dua wakil Indonesia Fitriani dan pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari sama-sama harus terhadang di babak dua French Open 2019. Kekalahan mereka bahkan nyaris serupa karena sama-sama merebut game pertama dan menyentuh match point lebih dulu di game penentu. Sayang akhirnya mereka harus mengakui keunggulan lawan-lawannya.

Kekalahan pertama dialami Rinov/Mentari saat berhadapan dengan Kian Meng Tan/Pei Jing Lai (Malaysia). Pada game pembuka, Rinov/Mentari menang telak dengan skor 21-9. Namun pencapaiannya itu dibalas langsung oleh Tan/Lai di game kedua. Rinov/Mentari kalah 18-21.

Pada game penentu Rinov/Mentari tercatat mampu menguasai jalannya pertandingan dengan baik. Mereka bahkan menyentuh match point 20-18. Namun di luar dugaan, empat poin berikutnya berhasil direbut oleh Tan/Lai. Pasangan Indonesia itu pun kalah  20-22 di game ketiga.

“Pada saat leading kami ada sedikit nafsu ingin cepat-cepat menyelesaikan pertandingan. Ketika unggul kami malah merubah pola. Padahal kalau disabar-sabarin saja mereka juga mati sendiri. Tapi akhirnya malah kami yang banyak melakukan kesalahan. Nggak diapa-apain terus mati. Pemikiran kami ini mungkin yang harus dikontrol, ketiga sudah game point 20 duluan, itu belum tentu menang,” ungkap Mentari.

Dari pemain tunggal putri, Fitriani juga harus mengalami kekalahan yang tak diinginkan dari He Bing Jiao (Tiongkok). Di awal game pertama Fitriani sebenarnya terus tertinggal. Tapi setelah poin 12-15 dan 15-16, Fitriani mampu membalikkan keadaan dan merebut skor 21-18. Sayangnya tren positif itu tak bisa dijaga oleh Fitriani di game kedua. Ia kalah jauh dengan skor 10-21.

“Di game pertama saya coba main sabar saja, karena saya nggak bisa matiin dia. Saya terus mencoba masuk ke pola main saya sendiri. Saya terus ketinggalan, tapi di akhir-akhir lawan banyak melakukan kesalahan sendiri. Dan mungkin gerakannya nggak bisa luwes karena dia kan lagi sakit pinggang,” kata Fitriani.

Di game pamungkas, Fitriani membuka harapan untuk merebut kemenangan dari He. Ia terus unggul dari awal hingga menyentuh match point 20-16. Tapi Fitriani tak juga bisa menggenapkan kemenangannya. Ia malah tersusul enam poin berurutan, menjadi kalah 20-22.

“Di game kedua saya sedikit menang angin dan kurang bisa mengontrolnya. Di game ketiga sudah unggul 20-16, saya buru-buru menyerang, tapi dia sudah siap terus. Ujung-ujungnya Fitri yang mati. Terus setelah itu dia banyak spekulasi, sementara saya dari awal defendnya lagi kurang rapat. Tadi feelingnya juga kurang dapet. Padahal dia lagi sakit pinggang, tapi saya nggak bisa memanfaatkannya. Tapi tadi kerasa banget juga kalau dia ya nggak mau menyerah gitu aja,” ujar Fitriani.

Dengan demikian, wakil tunggal putri dipastikan habis di babak dua. Di ganda campuran selain Rinov/Mentari, Indonesia juga sudah kehilangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Tersisa satu pasangan yang masih bertanding. Saat berita ini diturunkan, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti tengah berhadapan dengan Mathias Christiansen/Alexandra Boje (Denmark).

Hasil sementara pertandingan babak dua French Open 2019 bisa diakses di sini. (*)