(CAFFINO Indonesia International Challenge 2019) Tumbangkan Unggulan Satu, Ikhsan ke Semifinal

(Magelang, 25/10/2019)

Tiket semifinal Caffino Indonesia International Challenge 2019 berhasil diamankan tunggal putra Indonesia, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay yang mampu menuntaskan laga sengit kontra unggulan satu asal Vietnam, Nguyen Tien Minh dalam permainan tiga game. Bertanding di GOR Bulutangkis Djarum, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10), Ikhsan akhirnya mengunci kemenangan dengan skor 9-21, 21-15 dan 21-19 dalam waktu 41 menit.

Sebelum memastikan kemenangannya, Ikhsan harus lebih dulu kehilangan game pertama dengan selisih poin yang cukup jauh. Tak mau mengulangi kesalahan yang sama, tunggal putra asal PB Djarum Kudus inipun langsung mengubah pola permainannya yang terbukti ampun mengatasi gempuran lawan di game kedua.

“Agak sedikit nggak nyangka juga sih bisa ngalahin unggulan satu, apalagi dia pemain senior yang punya jam terbang tinggi. Tapi intinya, saya bisa membuktikan kalau saya mampu walaupun awalnya sempat ragu karena di game pertama pikiran saya selalu negatif. Pertama-tama memang agak kagok dengan permainan dia,” kata Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay kepada badmintonindonesia.org.

“Tapi di game kedua saya coba main lebih baik lagi dan menghilangkan semua pikiran negatif. Pelatih juga terus mengingatkan saya dari pinggir lapangan untuk terus fokus dan percaya pada kemampuan sendiri. Intinya harus sabar dan ulet,” sambung Ikhsan menambahkan.

Memasuki game ketiga, pertarungan kembali memanas. Aksi saling kejar mengejar poin juga terus terjadi hingga poin-poin akhir. Namun, Ikhsan akhirnya bisa mengatasi permainan lawan dengan tampil lebih tenang. “Pola main di game ketiga sama dengan di game kedua, tapi saya lebih tenang dan lebih menjaga permainan net-nya, karena lawan bagus di permainan depannya,” tuturnya.

Berhasil melangkah ke semifinal, lantas membuat kepercayaan diri Ikhsan meningkat. Kendati demikian, tunggal putra unggulan ketujuh ini tak mau terlalu berlebihan dan memilih untuk fokus satu per satu. “Pastinya kepercayaan diri saya sedikit bertambah setelah berhasil mengalahkan unggulan satu ini. Tapi saya juga nggak mau jumawa, takut jadi bumerang,” ujarnya.

Selanjutnya di babak semifinal Caffino Indonesia International Challenge 2019, Ikhsan akan berhadapan dengan tunggal putra Singapura, Jia Heng Jason Teh yang baru saja mencuri kemenangan atas Christian Adinata dengan skor 21-10 dan 22-20.

“Saya sudah pernah bertemu dengan lawan sebelumnya. Tapi pasti ada perbedaan dari permainan dia. Yang penting saya mau lebih fight lagi untuk pertandingan besok,” tandas Ikhsan. (*)