(Denmark Open 2019) Jonatan Juga Selesai Di Babak Dua

(Odense, 17/10/2019)

Atlet tunggal putra Jonatan Christie harus mengakhiri perjuangannya di Denmark Open 2019, hanya sampai babak dua. Ia tak kuasa mengatasi pelawanan Rasmus Gemke (Denmark) dan kalah dua game langsung 17-21, 21-23.

Kekalahan ini menjadi yang pertama buat Jonatan dari Gemke. Dua pertemuan sebelumnya di Daihatsu Indonesia Masters 2019 dan Blibli Indonesia Open 2019, Jonatan selalu berhasil mencetak kemenangan.

“Hasil ini cukup disayangkan. Bisa dibilang kecewa juga. Tapi ini jadi pelajaran buat saya untuk lebih matang lagi lebih konsisten dalam penerapan strategi dan lebih siap ketika lawan merubah pola,” ujar Jonatan usai pertandingannya di Odense Sports Park, Denmark.

Di game pertama, Jonatan unggul 11-6 saat jeda interval. Keunggulan terus terjadi hingga poin 13-7. Namun secara perlahan Gemke menyusul poin Jonatan. Setelah poin imbang 15-15, posisi Jonatan justru balik tertinggal 15-19. Jonatan akhirnya kalah 17-21 di game pembuka.

Masuk ke game dua Jonatan harus ketinggalan 1-5 dari Gemke. Jonatan kemudian coba membuka peluang dengan keunggulan 10-6 dan 15-13. Sayang lagi-lagi wakil tuan rumah itu mencoba balik menekan Jonatan. Skor 21-23 menjadi tanda selesainya langkah Jonatan.

“Ada beberapa kali saya merasa seperti kurang bisa mengelola poin. Di game pertama sudah enak mainnya, sudah leading 13-7. Tapi di sana saya tidak mempersiapkan jika lawan merubah pola permainan. Di awal sebenarnya saya bisa cukup menekan, tapi setelah unggul saya jadi kurang siap,” kata Jonatan.

“Tadi beberapa kali juga saya sempat lepas. Dia juga banyak membaca dan menebak pukulan-pukulan saya. Perubahan yang paling besar terasa saat saya leading 13-7, lawan malah bermain lebih enjoy dan rileks. Lebih berani menggunakan struk-struknya. Di game kedua juga keulang lagi. Setelah leading malah kebalik lagi karena kurang fokus,” ujar Jonatan.

Dengan demikian, tunggal putra kini tinggal menyisakan Tommy Sugiarto di babak perempat final. Tommy yang lolos dengan mengalahkan Brice Leverdez (Perancis), kemudian akan bertemu dengan Sitthikom Thammasin (Thailand).

Dua wakil lainnya, Shesar Hiren Rhustavito juga kalah di babak dua, sementara Anthony Sinisuka Ginting terhenti di babak pertama.

Hasil lengkap pertandingan Denmark Open 2019, Kamis (17/10), dapat dilihat di sini. (*)