(Caffino Superliga Junior 2019) Pebulutangkis Muda Siap Perebutkan Empat Piala Beregu Bergengsi

 

(Jakarta, 9/10/2019)

Kejuaraan bulutangkis beregu Caffino Superliga Junior 2019 siap digelar kembali di GOR Djarum Magelang, Jawa Tengah, pada 15-20 Oktober mendatang. Tak kurang dari 265 atlet U17 dan U19, putra dan putri, akan berjuang memperebutkan empat piala beregu.

Caffino Superliga Junior 2019 dipertandingkan menggunakan format beregu Piala Thomas dan Uber, di dua kategori usia, yakni U17 dan U19. Sistem ini akan mempertandingkan lima partai dengan tiga nomor tunggal dan dua ganda. Pada kategori U19 putra dan putri akan memperebutkan Piala Liem Swie King dan Piala Susy Susanti. Sedangkan kategori U17 putra dan putrinya akan memperebutkan Piala Hariyanto Arbi dan Piala Yuni Kartika.

“Superliga Junior merupakan turnamen beregu yang akan menguji mental para pemain muda dalam format kejuaraan beregu seperti Piala Thomas dan Uber. Sehingga diharapkan mereka memiliki jam terbang dan pengalaman yang mumpuni ketika tampil di turnamen yang lebih besar lagi,” kata Direktur Superliga, Achmad Budiharto dalam konferensi pers Caffino Superliga Junior 2019 yang diadakan di Ayana Ballroom, Midplaza, Jakarta Pusat, Rabu (9/10).

Caffino Superliga Junior 2019 akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp 610 juta. Tahun ini sebanyak 13 klub dari enam negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Jepang, Taiwan, Singapura dan Thailand, telah mendaftarkan pemain mudanya untuk ambil bagian.

Di kategori U19 klub bulutangkis yang turun adalah PB Djarum Kudus, PB Exist Jakarta, PB Mutiara Cardinal Bandung, Jatim United, Blibli.com Team, Harimau Muda Team C (Malaysia), Kumamoto Team (Jepang), Granular Badminton Academy (Thailand), Taiwan High School (Taiwan) dan Singapore Badminton Association (Singapura).

Sementara pada kategori U17 akan diikuti sembilan klub yaitu PB Djarum Kudus, PB Jaya Raya Jakarta, PB Exist Jakarta, PB Mutiara Cardinal Bandung, PB SGS PLN Bandung, Sarwendah Badminton Club, Harimau Muda Team A (Malaysia), Harimau Muda Team B (Malaysia) dan Kumamoto Team (Jepang).

“Turnamen ini sangat bagus untuk mereka bekerja sama dalam tim dan melatih kekompakan. Superliga Junior bukan hanya mengasah kemampuan para atlet muda, tapi juga persiapan regenerasi bulutangkis kedepannya,” ujar Ketua Harian PP PBSI, Alex Tirta.

Berikut hasil draw pertandingan Caffino Superliga Junior 2019:

U17 Putra

Grup A

A1 PB Jaya Raya Jakarta

A2 PB Exist Jakarta

A3 PB Mutiara Cardinal Bandung

A4 Sarwendah Badminton Club

Grup B

B1 PB Djarum Kudus

B2 Harimau Muda Team B

B3 Kumamoto Team

B4 PB SGS PLN Bandung

U17 Putri

Grup X

X1 PB Djarum Kudus

X2 PB Jaya Raya Jakarta

X3 PB SGS PLN Bandung

X4 Harimau Muda Team A

Grup Y

Y1 PB Mutiara Cardinal Bandung

Y2 PB Exist Jakarta

Y3 Kumamoto Team

Y4 Sarwendah Badminton Club

U19 Putra

Grup A

A1 PB Djarum Kudus

A2 PB Exist Jakarta

A3 PB Mutiara Cardinal Bandung

A4 Kumamoto Team

Grup B

B1 Harimau Muda Team C

B2 Singapore Badminton Association

B3 Taiwan High School

B4 Jatim United

U19 Putri

Grup X

X1 PB Exist Jakarta

X2 Blibli.com Team

X3 Taiwan High School

X4 Kumamoto Team

Grup Y

Y1 PB Djarum Kudus

Y2 Granular Badminton Academy

Y3 Jatim United

Y4 PB Mutiara Cardinal Bandung (*)