(World Junior Championships 2019) Luar Biasa, Indonesia Rebut Piala Suhandinata!

(Kazan, 5/10/2019)

Perjuangan pemain junior Indonesia patut diacungi jempol. Pada hari ini tim junior Indonesia baru saja mencetak sejarah dengan memboyong Piala Suhandinata untuk pertama kalinya. Indonesia membawa pulang Piala Suhandinata setelah dalam laga final World Junior Championships 2019 mengalahkan Tiongkok dengan skor 3-1.

Kemenangan Indonesia ditentukan oleh pasangan Putri Syaikah/Febriana Dwipuji Kusuma setelah mengalahkan Li Yin Jing/Tan Ning, dengan skor 16-21, 25-23, 21-13.

"Alhamdulilah bisa jadi penentu dan membawa Indonesia juara. Kalau sebelumnya saya jadi penentu tapi hasilnya belum bisa maksimal, jadi saya nggak mau terulang lagi kejadian itu, saya belajar dari pengalaman," kata Putri setelah pertandingan.

"Waktu di latihan kami sudah sering pasangan, tadi di pertandingan anggap saja latihan. Nggak mau mikirin menang-kalah, yang penting dapat satu demi satu poin dulu," lanjut Putri.

Putri/Febriana sempat tertinggal jauh 4-11 di game pertama dan tertinggal 19-20 di game kedua. Namun dengan semangat berapi-api, mereka memenangkan game kedua dengan adu setting dengan skor akhir 25-23. Di game ketiga, Putri/Febriana semakin tak terbendung.

"Sempat tegang di game pertama, tapi waktu interval, saya dengar supporter memberi semangat, saya jadi semangat lagi. Saya mikirnya sayang juga kan sudah sampai final, tanggung sudah sampai di final, harus mati-matian," ujar Febriana kepada Badmintonindonesia.org.

"Di game pertama pasangan Tiongkok mainnya no lob, dan kami tidak antisipasi pengembalian. Waktu unggul jauh di game ketiga, pikirannya ke nambah poin satu demi satu dulu. Nekad saja pokoknya," lanjutnya.

"Waktu Bobby kalah, saya tidak down sih, saya pikir memang itu belum rezeki, kan masih ada kesempatan, jadi jangan putus asa," jawab Febriana.

Berikut hasil pertandingan babak final World Championships 2019 antara Indonesia melawan Tiongkok (3-1):

Ganda Campuran

Daniel Marthin/Indah Cahya Sari Jamil vs Feng Yan Zhe/Lin Fang Ling 21-18, 18-21, 21-11

Tunggal Putri

Putri Kusuma Wardani vs Zhou Meng 21-18, 20-22, 21-14

Tunggal Putra

Bobby Setiabudi vs Liu Liang 17-21, 21-17, 20-22

Ganda Putri

Putri Syaikah/Febriana Dwipuji Kusuma vs Li Yi Jing/Tan Ning 16-21, 25-23, 21-13

Ganda Putra

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Di Zi Jian/Wang Chang – tidak dimainkan