(World Junior Championships 2019) Formasi Tim Indonesia Hadapi Tiongkok

(Kazan, 5/10/2019)

Indonesia akan menjalani laga terakhir dalam perebutan trofi paling bergengsi di kelas junior, Piala Suhandinata. Tiongkok akan menjadi lawan Indonesia di babak final beregu campuran World Junior Championships 2019. Pada babak semifinal, Indonesia mengalahkan Thailand dengan skor 3-2, sedangkan Tiongkok merebut tiket final usai menundukkan Jepang dengan skor 3-2.

Manajer Tim Susy Susanti mengapresiasi penampilan tim junior saat melawan Thailand di semifinal semalam, Jumat (5/10). Tiga poin kemenangan diraih lewat Bobby Setiabudi (tunggal putra), Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (ganda putra) dan Daniel Marthin/Indah Cahya Sari Jamil (ganda campuran). Sedangkan Putri Kusuma Wardani (tunggal putri) dan Putri Syaikah/Nita Violina Marwah (ganda putri) belum berhasil menyumbang kemenangan.

"Penampilan atlet-atlet muda kita hari ini melawan Thailand cukup baik, khususnya tunggal putra, ganda putra dan ganda campuran. Pertarungan tadi adalah ulangan di final AJC. (Asia Junior Championships 2019). Kami bisa belajar dari pengalaman di AJC untuk lebih siap lagi dan lebih fokus dan berani. Hasilnya sesuai prediksi, kami bisa menang dari Thailand meski cukup ketat," kata Susy kepada Badmintonindonesia.org.

"Daniel/Indah menjadi penentu kemenangan padahal mereka adalah pasangan baru. Sedangkan di tunggal putri dan ganda putri, saya melihat ada faktor ketegangan, ini sangat terlihat. Kami memang mengharapkan angka dari tunggal putri dan ganda putri, tapi kami harus mengakui keunggulan lawan juga," lanjutnya.

Menghadapi Tiongkok, Indonesia masih menurunkan formasi yang sama dengan formasi saat melawan Thailand, kecuali ganda putri yang menduetkan Putri Syaikah dengan Febriana Dwipuji Kusuma.

"Peluang tetap ada, kami akan kerja keras dan berjuang untuk meraih kemenangan. Kami akan mempersiapkan atlet-atlet untuk bisa meraih prestasi tertinggi yang selalu kami harapkan yaitu merebut Piala Suhandinata," sebut Susy.

Pertandingan final beregu campuran World Junior Championships 2019 akan dilangsungkan siang ini, Sabtu (5/10), mulai pukul 13.00 waktu Kazan atau sekitar pukul 17.00 WIB.

Berikut susunan tim Indonesia vs Tiongkok:

Ganda Campuran

Daniel Marthin/Indah Cahya Sari Jamil vs Feng Yan Zhe/Lin Fang Ling

Tunggal Putri

Putri Kusuma Wardani vs Zhou Meng

Tunggal Putra

Bobby Setiabudi vs Liu Liang

Ganda Putri

Putri Syaikah/Febriana Dwipuji Kusuma vs Li Yi Jing/Tan Ning

Ganda Putra

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Di Zi Jian/Wang Chang