(YUZU Indonesia Masters 2019) Malang Siap Sambut Pebulutangkis Dunia

(Malang, 30/09/2019)

Setelah sukses dengan Daihatsu Indonesia Masters 2019 dan Blibli Indonesia Open 2019, Indonesia kembali menggelar turnamen bulutangkis bergengsi bertaraf internasional, YUZU Indonesia Masters 2019. Turnamen yang merupakan rangkaian dari BWF World Tour Super 100 ini digelar pada 1 hingga 6 Oktober 2019 di GOR Ken Arok, Malang.

Turnamen dengan level super 100 ini sudah digelar untuk yang kedua kalinya di Indonesia. Pada tahun 2018 lalu turnamen ini diadakan di provinsi Bangka Belitung dengan tajuk Bangka Belitung Indonesia Masters 2018. Di tahun 2019 ini, YUZU Indonesia Masters memperebutkan total hadiah sebesar USD 75.000 dan diikuti oleh 281 pemain dari 15 negara diantaranya Tiongkok, Jepang, Thailand, India dan masih banyak lagi.

Walikota Malang, H. Sutiaji, mengaku bangga dan mengucapkan terima kasih atas terpilihnya kota Malang sebagai tuan rumah YUZU Indonesia Masters 2019.

“Terima kasih kepada pihak-pihak terkait yang sudah mempercayakan kota Malang untuk menjadi tuan rumah turnamen bulutangkis YUZU Indonesia Masters 2019. Sebelumnya Malang pernah ditunjuk menjadi tuan rumah dan penyelenggaraannya sukses. Kali ini ditunjuk lagi, kami siap. Tentunya Malang akan memberikan sambutan yang terbaik kepada pebulutangkis-pebulutangkis dunia,” ujar Sutiaji.

Ketua Panitia Pelaksana Achmad Budiharto mengatakan persiapan gelaran YUZU Indonesia Masters 2019 sudah hampir selesai. Baik di GOR Ken Arok sebagai lapangan pertandingan maupun GOR Djagung yang digunakan sebagai lapangan latihan.

“Kedua GOR sudah dalam tahap finishing, di GOR Ken Arok, kerjasama antara tim Pemda, tim Pemkot dan tim panitia membuat kendala yang ada bisa terselesaikan tepat waktu terutama yang menjadi masalah utama adalah faktor kebersihan toilet”, kata Budiharto.

“Sedangkan kemarin di GOR Djagung, ada beberapa masalah yang teridentifikasi seperti lapangan yang ternyata berbahan tegel sehingga harus dilapisi dulu triplek sebelum digelar karpet. Selain itu, penambahan lampu dan daya listrik juga menjadi catatan. Tetapi semua sudah kami tuntaskan dan besok semua sudah clear  dan siap pakai”, ungkapnya.

Ketua Pengprov Jatim, Oei Wijanarko Adi Mulya optimis bahwa turnamen YUZU Indonesia Masters 2019 ini akan berlangsung sukses di Malang karena turnamen ini akan mengusung tema sportainment yang tidak hanya menyuguhkan pertandingan bulutangkis kelas dunia tetapi juga bazaar makanan dan hiburan seperti live music dan lainnya. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton yang hadir langsung di GOR Ken Arok.

“Harapan kami di turnamen ini meliputi tiga aspek, pertama sukses perencanaan dan penyelenggaraan. Kedua adalah sukses prestasi dan yang ketiga, semoga turnamen ini memberikan manfaat untuk tuan rumah terutama masyarakat Malang,” tutur Wijanarko.

Kabid Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti berharap turnamen ini bias dijadikan ajang ujicoba dan menimba pengalaman bagi para atlet-atlet muda yang diturunkan di turnamen ini. Indonesia sendiri tercatat mengirimkan jumlah atlet terbanyak di turnamen ini yaitu sebanyak 136 atlet.

“Kami berharap Indonesia dapat meraih gelar yang sama dengan tahun lalu, yaitu dua gelar juara. Tetapi tentunya kita berharap bias meraih gelar lebih banyak dan bisa terjadi banyak kejutan-kejutan, dimana para pemain Indonesia bisa mengalahkan pemain-pemain unggulan dari negara lain,” kata Susy

YUZU Indonesia Masters 2019 dipastikan diikuti pemain-pemain kelas dunia demi perburuan poin jelang Olimpiade Tokyo 2020 tahun depan. Sebut saja dari Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta.

Dari deretan pemain asing tercatat bintang muda Singapura, Yeo Jia Min, peraih medali perunggu Kejuaraan Dunia 2019 asal Tiongkok, Du Yue /Li Yinhui dan ganda putra yang namanya sempat merajai persaingan papan atas dunia Zhang Nan dan Liu Cheng ikut ambil bagian di turnamen ini walaupun dengan pasangannya masing-masing.

Sementara itu, YUZU Isotonic sebagai sponsor utama dalam turnamen ini berharap YUZU Indonesia Masters bisa menjadi ajang yang meningkatkan kemampuan para pebulutangkis muda, sebelum nantinya berlaga di level senior. Hal ini merupakan komitmen YUZU Isotonic yang senantiasa mendukung kemajuan olahraga di Indonesia.

“Terus mendukung bakat dan prestasi para atlet muda Indonesia adalah alasan utama brand YUZU Isotonic bergabung dan mendukung penuh YUZU Indonesia Masters 2019 ini diselenggarakan.Terlebih bila didukung dengan minuman YUZU Isotonic yang mengandung 7 ion utama yang lebih cepat menggantikan cairan tubuh yang hilang dan ekstrak buah yuzu asli yang menyegarkan, akan lebih membantu para atlet untuk meraih gelar juara di YUZU Indonesia Masters 2019 ini. Kami senantiasa berharap agar dunia per-bulutangkisan Indonesia terus berkembang dan mengharumkan nama bangsa.” kata Ricky Tjitrahardja, Head of Marketing YUZU.

Pasangan ganda putri Indonesia, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta yang menjadi unggulan keempat di turnamen YUZU Indonesia Masters 2019 akan kembali bertanding setelah mereka menjadi juara di Yonex Sunrise Vietnam Open 2019, BWF World Tour Super 100.

“Ini adalah turnamen pertama kami setelah kemarin juara di Vietnam Open.Semangat itu yang ingin kami jaga sekarang. Persiapan tidak ada bedanya dengan turnamen-turnamen lain tetapi kami lebih tingkatkan di konsentrasi dan fokusnya saja. Malang kotanya sejuk dan saya tidak sabar untuk bertanding disini. Semoga bisa memberikan yang terbaik. Untuk target saya ingin fokus satu demi satu pertandingan dulu”, ujar Della menutup pembicaraan. (*)