(World Junior Championships 2019) Susy: Tim Tetap Tidak Boleh Lengah

(Kazan, 30/3/2019)

Tim Indonesia berhasil mengamankan kemenangan pertama di laga penyisihan grup A1 World Junior Championships 2019 melawann Uganda dengan skor 5-0. Poin pertama disumbang tunggal putri Stephanie Widjaja yang mengalahkan Fadilah Shamika Mohamed Rafi 21-2, 21-4

Syabda Perkasa Belawa menambah keunggulan Indonesia menjadi 2-0 dengan menundukkan Brian Kasirye, dengan skor 21-14, 21-11. Ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi menjadi penentu kemenangan tim Indonesia dengan merebut poin ketiga usai mengalahkan Husina Kobugabe/Tracy Naluwooza dengan skor telak, 21-3, 21-3

Indonesia menurunkan ganda putra dadakan pada laga ini yaitu Daniel Marthin/M. Lucky Andres Apriyanda, mereka mengalahkan Arshath Mohamed Nazurudheen Vaheed/Samuel Wasswa dengan skor 21-1, 21-1. Di partai kelima, ganda campuran Dwiki Rafian Restu/Metya Inayah Cindiani menyempurnakan kemenangan tim Indonesia dengan mengalahkan Brian Kasirye/Husina Kobugabe, dengan skor 21-9, 21-8.

"Memang sengaja diturunkan Daniel dengan Yanda karena lawan hari ini kan masih belum terlalu berat dan Leo (Rolly Carnando- pasangan tetap Daniel), bisa fokus jaga kondisi," ujar David Pohan, pelatih ganda putra.

Sementara itu Manajer Tim, Susy Susanti, mengatakan bahwa ia sudah memprediksi hasil yang diraih pada pemain hari ini. Meskipun lawan masih beda kelas, tetapi tim junior tidak boleh menganggap enteng dan harus bisa memanfaatkan pertandingan untuk adaptasi.

"Memang sudah diprediksi hasilnya seperti ini, tapi tadi saya tetap sampaikan ke anak-anak, jangan sampai lengah, jangan anggap enteng lawan, meskipun lawan bukan tim kuat," komentar Susy soal hasil penyisihan.

"Kalau penampilan anak-anak belum bisa diukur karena belum full mainnya. Intinya sekarang kami fokus ke pertandingan besok melawan Finlandia. Ada beberapa nomor yang cukup bagus dan akan memberikan perlawanan, pokoknya kami harus waspada," jelas Susy kepada Badmintonindonesia.org.

Tim Indonesia akan berhadapan dengan Finlandia pada esok hari, Selasa (1/10), pukul 12.00 waktu Kazan, atau sekitar pukul 16.00 WIB. Jadwal pertandingan penyisihan kedua selengkapnya dapat dilihat di sini. (*)