(Vietnam Open 2019) Rizki/Della Melaju ke Final

(Jakarta, 14/9/2019)

Satu wakil Indonesia mengamankan tiket babak final Vietnam Open 2019 BWF World Tour Super 100. Ganda putri Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris melaju ke laga puncak setelah mengalahkan Erina Honda/Nozomi Shimizu (Jepang), dengan skor 21-18, 21-12.

Melihat kekuatan di atas kertas, Rizki/Della memang lebih diunggulkan dari Honda/Shimizu. Namun ganda Jepang ini patut diwaspadai, karena mereka mengalahkan ganda putri Indonesia, Ni Ketut Mahadewi Istarani/Tania Oktaviani Kusumah, dengan skor 21-17, 21-19.

"Di semifinal tadi, Rizki/Della bisa main lebih tenang, khususnya dalam menjaga konsentrasi dan fokus mereka untuk tidak berbuat salah dlm pukulannya. Rizki/Della bisa lebih sabar dan bisa mengendalikan semua pukulan dengan tenang," kata Chafidz Yusuf, Asisten Pelatih Ganda Putri PBSI yang mendampingi Rizki/Della bertanding di Vietnam Open 2019.

Rizki/Della yang merupakan unggulan pertama, memang diandalkan untuk menggondol gelar juara. Di babak final, mereka akan berhadapan dengan ganda putri Tiongkok, Huang Jia/Zhang Shu Xian. Sebetulnya ada peluang all Indonesian final di ganda putri, sayangnya pasangan Anggia Shitta Awanda/Pia Zebadiah Bernadet harus terhenti di semifinal oleh Huang/Zhang, dengan skor 12-21, 21-23.

"Seharusnya peluang Rizki/Della lebih terbuka, yang harus diwaspadai secara teknis ya bola-bola kembalian pasangan Tiongkok ini, mereka cukup bagus di serangan baliknya," ungkap Chafidz soal laga final.

"Kalau secara non teknis ya harus tetap menjaga fokus dan konsentrasi di setiap pukulan saja, untuk bisa selalu safe, nggak banyak buang bola seperti yang sudah mereka lakukan sebelumnya," lanjut Chafidz.

Babak final Vietnam Open 2019 akan dilangsungkan besok, Minggu (15/9), mulai pukul 13.00 WIB. Jadwal selengkapnya dapat dilihat di sini. (*)