(World Championships 2019) Jonatan Melesat Ke Perempat Final

(Basel, 22/8/2019)

Jonatan Christie terus melaju ke babak perempat final World Championships 2019. Ini dipastikan setelah ia menang dari Jan O Jorgensen (Denmark) di babak tiga, dengan skor 21-12, 21-16.

Jonatan menjadi satu-satunya wakil tunggal putra yang lolos ke perempat final. Sebelumnya Anthony Sinisuka Ginting sudah kalah dari Sai Praneeth (India).

“Puji Tuhan saya bisa melaju ke babak delapan besar, untuk pertama kalinya di Kejuaraan Dunia. Tapi cukup disayangkan tadi Anthony kalah. Kalau dia menang setidaknya satu medali untuk Indonesia sudah aman dari tunggal putra. Ya tapi namanya permainan ada menang dan kalah. Mungkin tadi dia juga lagi nggak enak mainnya,” kata Jonatan.

“Kaya saya tadi di game pertama mungkin bisa menerapkan strategi permainan dengan benar dan tepat. Tapi di awal game kedua tempo permainan saya agak sedikit menurun dan itu kesempatan yang Jorgensen ambil untuk menekan saya di awal game kedua, sampai poin 11 saya tertinggal. Tapi setelah poin 11 saya kembali fokus dan membalikkan keadaan. Dimana saya yang menekan dia, bukan dia yang menekan saya,” jelasnya lagi.

Hasil ini sekaligus menambah keunggulan Jonatan dari Jorgensen menjadi 3-2. Terakhir pertemuan mereka terjadi di Japan Open 2019. Saat itu Jonatan menang 21-14, 21-14.

“Kalau dilihat dari hasil, saya puas. Tapi tetap ada beberapa catatan yang masih harus diperbaiki. Kaya tadi di awal game kedua tempo permainannya nggak boleh hilang. Untung saya bisa ambil lagi. Kalau sampai ke game ketiga, Jan O jadi percaya diri, fight backnya itu bisa berbahaya,” ungkap Jonatan.

Di perempat final, Jonatan akan bertemu Sai. Pertemuan mereka terakhir terjadi tahun 2018 pada French Open. Jonatan menang dua game langsung 21-16, 21-14 dari Sai.

“Besok saya harus lebih banyak variasi karena defend dia bagus dan serangannya juga lumayan bagus,” ucap Jonatan.

Hasil lengkap World Championships 2019, Kamis (22/8), bisa diakses di sini. (*)