(World Championships 2019) Gregoria Kembali Terhadang Ratchanok

(Basel, 22/8/2019)

Gregoria Mariska Tunjung akhirnya harus menyudahi perjuangannya di World Championships 2019. Langkahnya terhenti setelah dihadang Ratchanok Intanon (Thailand) di babak tiga, Kamis (22/8). Gregoria kalah usai bermain selama 65 menit, dengan skor akhir 21-18, 21-23, 10-21.

Membuka pertandingan di game pertama, Gregoria berhasil mengatasi laga ketatnya dengan kemenangan. Keunggulan ini terus terjadi hingga game kedua dimainkan. Gregoria bahkan menyentuh match poin dengan 20-18 atas Ratchanok.

Sayang akhirnya Gregoria tak berhasil memanfaatkan peluang tersebut. Ia kalah tipis 21-23 di game kedua.

“Game pertama dan kedua kurang lebih sama. Saya bisa mengimbangi kecepatan dia di lapangan. Walaupun di game kedua dia agak merubah pola, tapi saya lebih cepat untuk tahu. Tapi tadi pas saya leading 20-18, saya malah jadi tegang sendiri, kurang sabar dan pengen buru-buru. Lawan juga semakin enak. Sebenarnya dia dari awal sudah enak, tapi bola-bolanya dia yang mematikan kebanyakan sudah saya jagain semua,” jelas Gregoria.

“Pas di game kedua saya kebawa tegang, kurang rileks tangannya. Kaya kencang semua,” tambah atlet besutan klub Mutiara Bandung tersebut.

Memasuki game ketiga, penampilan Gregoria tak secemerlang sebelumnya. Ia terus berada di bawah tekanan Ratchanok. Kondisi tersebut berlangsung hingga akhir pertandingan. Gregoria akhirnya kalah cukup jauh dengan skor 10-21.

“Sebenarnya game ketiga saya nggak habis, lawan juga lumayan kekuras tenaganya. Cuma tadi saya masih kepikiran hasil di game kedua. World champs ada kesempatan sedikit lagi, tapi saya sia-siakan. Game ketiga saya jatuhnya nggak lepas dan lawan lebih percaya diri. Saya tahu pikiran itu tidak menguntungkan saya. Akhirnya saya coba untuk menikmati game ketiganya saja. Seenggaknya walaupun saya kalah, saya dapat banyak pelajaran dari pertandingan hari ini,” jelas Gregoria mengenai penampilannya.

Laga di St. Jakobshalle Basel, Swiss ini merupakan yang keenam kalinya buat Gregoria dan Ratchanok. Sebelumnya di Blibli Indonesia Open 2019, Gregoria juga kalah rubber game dengan skor 21-13, 19-21, 15-21.

Kekalahan Gregoria memastikan habisnya wakil tunggal putri di World Championships 2019. Sebelumnya Fitriani sudah kalah di babak dua dari Tai Tzu Ying (Taiwan).

Hasil lengkap World Championships 2019, Kamis (22/8), bisa diakses di sini. (*)