(Akita Masters 2019) Firman Melaju ke Semifinal

(Jakarta, 16/8/2019)

Firman Abdul Kholik merebut tiket babak semifinal kejuaraan Akita Masters 2019 setelah melewati laga sengit rubber game melawan Kim Donghun (Korea), dengan skor 17-21, 22-20, 22-20.

Kalah di game pertama, Firman mencoba bangkit di game kedua. Sudah tertinggal 18-20, Firman masih mampu menahan laju Kim dan balik unggul menjadi 22-20. Pada game ketiga, Firman lagi-lagi tertinggal 19-20 dari lawan. Namun ia bisa bermain lebih tenang dan menguasai keadaan sehingga ia merebut game penentuan.

"Di game kedua tadi saya coba buat kontrol main lawan dulu, coba buat main lebih variasi dengan lob dan chop. Jadi nggak buru-buru smash terus, karena lawan sudah jagain di belakang terus, saya coba buat ngatur dulu," ungkap Firman ketika ditanya soal strateginya menahan laju lawan di game kedua.

"Di game ketiga juga hampir sama sih, soalnya kan tipe main lawan cepat terus jadi coba buat ngontrol permainan dia," lanjut pemain jebolan klub Mutiara Cardinal Bandung ini.

Pada babak semifinal, Firman sudah ditunggu wakil tuan rumah, Yusuke Onodera. Pertemuan besok akan menjadi pertemuan kedua bagi Firman dan Onodera. Pada tahun 2016 di turnamen Vietnam Open Grand Prix, Firman mengalahkan Onodera dengan skor tipis 22-20, 23-21.

Di semifinal, Firman dikepung pemain Jepang. Di pool atas, dua tunggal putra Jepang akan memperebutkan tiket final. Mereka adalah Yu Igarashi dan Hashiru Shimono.

"Pemain Jepang itu kan kuat-kuat, jadi saya harus pintar-pintar mengatur ritme permainan. Sama yang paling penting jaga fokusnya, jangan sampai hilang," tutur juara Vietnam International Challenge 2019 ini.

Sementara itu, ganda putri Nita Violina Marwah/Putri Syaikah membuat kejutan dengan menumbangkan unggulan pertama, Nami Matsuyama/Chiharu Shida (Jepang), dengan skor 26-24, 23-21. Sedangkan Ruselli Hartawan dihentikan An Se Young (Korea), dengan skor 17-21, 14-21. Ganda campuran Ghifari Anandaffa Prihardika/Indah Cahya Sari Jamil juga terhenti di perempat final dari Wang Chan/Jeong Na Eun (Korea), dengan skor 17-21, 16-21.

Juara Asia Junior 2019, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin baru akan bertanding siang ini melawan unggulan ketujuh dari Tiongkok, Huang Kaixiang/Liu Cheng. (*)