(Thailand Open 2019) Kelelahan, Kevin/Marcus Finis di Perempat Final

(Bangkok, 2/7/2019)

Langkah ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon terhenti di babak perempat final Thailand Open 2019. Kevin/Marcus dikalahkan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (Jepang), dengan skor 17-21, 21-19, 14-21.

Penampilan Kevin/Marcus memang tidak seprima biasanya, mereka banyak melakukan kesalahan sendiri dan banyak pukulan yang tidak akurat. Serangan-serangan mereka pun tak dapat membelah pertahanan lawan, di samping itu pertahanan Endo/Watanabe yang memang terkenal rapat.

Thailand Open 2019 adalah turnamen ketiga yang diikuti Kevin/Marcus secara berurutan. Dalam dua pekan sebelumnya, Kevin/Marcus berhasil menjadi jawara di turnamen Blibli Indonesia Open 2019 dan Japan Open 2019.

"Lawan main sangat bagus, nggak gampang mati. Di game ketiga kami benar-benar kehabisan tenaga, jadi serangannya tidak menekan dan lain-lain masih banyak yang kurang juga. Nggak apa-apa, yang penting kami tahu kesalahannya di mana dan belajar lagi untuk ke depannya," kata Kevin soal pertandingan.

"Pasti capek, kami mainnya ramai terus. Tapi ini nggak bisa dijadikan alasan juga, kan tiap hari latihan. Memang lawan bermain bagus. Pasti tenaganya agak kurang, kami harus lebih sabar main sama mereka, karena nggak mudah dimatikan. Seharusnya kami jangan terlalu buru-buru," ujar Marcus kepada Badmintonindonesia.org.

Pada pertemuan sebelumnya di Badminton Asia Championships 2019, Kevin/Marcus juga dikalahkan pasangan rangking lima dunia tersebut.

 

"Bedanya Endo/Watanabe dengan pasangan Jepang yang lain, mereka lebih safe. Kurang lebih sama dengan pasangan Jepang yang lain, tapi yang ini lebih safe dan tekanan dari kaminya kurang, harusnya di game pertama tadi kami bisa ambil," ucap Kevin soal lawan.

Meskipun harus angkat koper lebih awal, namun Kevin/Marcus mengaku cukup puas dengan penampilan mereka di tiga turnamen ini. Dua gelar diraih pasangan rangking satu dunia ini di turnamen level elit yaitu super 1000 di Indonesia dan super 750 di Jepang.

"Puas sih, dalam tiga turnamen kami dapat dua gelar, itu lebih dari cukup buat kami. Lebih baik kami fokus ke kejuaraan dunia," tutur Kevin.

Kevin/Marcus akan kembali ke Jakarta untuk mempersiapkan diri mengikuti turnamen World Championships 2019 yang akan dilangsungkan di Basel, Swiss, pada 19-25 Agustus 2019. (*)