(Asia Junior Championships 2019) Tekuk Korea 3-1, Indonesia Tembus Ke Final

(Suzhou, 22/7/2019)

Indonesia akhirnya memastikan diri ke babak final beregu Asia Junior Championships 2019. Berhadapan dengan Korea di semifinal, tim garuda muda berhasil merebut kemenangan 3-1, pada laga yang berlangsung di Suzhou Olympic Sports Center, Tiongkok, Senin (22/7).

Pasangan Leo Carnando/Indah Cahya Sari Jamil lagi-lagi menjadi pembuka jalan bagi timnya. Leo/Indah berhasil membukukan kemenangan 23-21, 21-15 atas Dong Ju Ki/Eun Ji Lee dalam waktu 43 menit.

“Mereka lumayan kencang mainnya. Tapi kami lebih siap dari tadi pagi, lebih rapat dan lebih in lagi. Terus kami juga nggak buru-buru, jadi mainnya lebih mikir,” kata Indah.

“Kami coba buat fokus, nggak gampang mati dan segera siap duluan. Kami belajar dari penampilan kami pas pagi (perempat final) lawan India,” sambung Leo.

Sayang setelah unggul 1-0, Indonesia terpaksa menyerahkan poin kedua buat lawan. Christian Adinata yang diturunkan untuk melawan Hyeon Seung Park, harus mengaku kalah dengan skor 18-21, 21-17, 20-22.

“Tadi awal-awal saya masih gampang buat mati sendiri. Lawan mainnya lebih sabar, sementara saya buru-buru buat matiin lawan. Game kedua mainnya sudah benar untuk lebih sabar. Strateginya berhasil di game kedua. Tapi game ketiga saya balik lagi nggak sabar,” ujar Christian.

Masuk ke partai tiga, Putri Kusuma Wardani berhasil membawa angin segar buat Indonesia. Putri berhasil menang atas Ga Lam Kim 21-14, 21-14. Indonesia kembali unggul dengan 2-1.

Selanjutnya pasangan ganda putri juga berhasil menyumbangkan poin dan memastikan kemenangan untuk Indonesia. Nita Violina Marwah/Putri Syaikah menangkan game 21-18, 21-16 dari Young Bin Ji/Eun Ji Lee.

Hasil lengkap pertandingan semifinal Asia Junior Championships 2019 bisa diakses di sini. (*)