(Blibli Indonesia Open 2019) Kevin/Marcus ke Final, Indonesia Pastikan Satu Gelar

(Jakarta, 20/7/2019)

Satu gelar sudah diamankan Indonesia di ajang Blibli Indonesia Open 2019, lewat nomor ganda putra. Kemenangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon atas Li Junhui/Liu Yuchen dengan skor 21-9, 21-13, membuat Indonesia menempatkan dua wakil ganda putra di final.

Sebelumnya, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan lebih dulu melaju dengan menundukkan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang), dengan laga rubber game, 17-21, 21-19, 21-17.

Kevin/Marcus yang tampil begitu percaya diri, tak banyak mengalami kesulitan dalam menumbangkan Li/Liu/. Padahal dalam pertemuan terakhir mereka di BWF World Tour Finals 2018, Kevin/Marcus takluk dua game langsung dengan skor 18-21, 22-24.

Duel kedua pasangan ini memang selalu menarik untuk disaksikan, selain adu skill kelas dunia, tak jarang ada psy-war diantara mereka. Di interval game kedua, sempat terjadi perdebatan soal permintaan challenge dari Yuchen. Yuchen meminta challenge karena menurutnya shuttlecock jatuh di luar area permainan. Sedangkan menurut Kevin, raket Yuchen sempat menyentuh shuttlecock. Wasit akhirnya menyatakan pukulan tersebut fault dan poin bertambah bagi Kevin/Marcus.

"Sudah jelas itu touch, nggak fair banget. Kalau emosi sih pasti emosi, tapi saya pasti kontrol juga sih," kata Kevin.

"Hari ini kami bermain lebih baik dari kemarin dan bisa kontrol permainan dan jalannya pertandingan. Lawan bermain cepat, serangan mereka bagus," kata Kevin.

"Kami lebih banyak menyerang, tidak melakukan kesalahan sendiri. Lawan tertekan terus dari awal," tambah Marcus.

Mengomentari laga final, Kevin/Marcus sudah unggul 6-2 dalam catatan rekor pertemuan dengan Hendra/Ahsan. Lima laga terakhir dimenangkan oleh Kevin/Marcus.

"Tiap pemain punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, kami sudah sering latihan bersama, besok kami coba yang terbaik saja," tutur Kevin.

"Kami harus lebih siap, mereka sudah biasa melawan kami, sudah tahu kelebihan dan kekurangan kami. Kami harus fokus dari awal, jangan lengah," tambah Marcus.

Laga final Blilbi Indonesia Open 2019 akan dilangsungkan besok, Minggu (21/7), mulai pukul 14.00 WIB. Hasil sementara babak semifinal dapat dilihat di sini. (*)