Tim Ganda Campuran Relaksasi dengan Berenang

(Jakarta, 28/6/2019)

Sekali dalam sepekan, tim ganda campuran pelatnas melakukan relaksasi dan recovery dengan berenang. Para pemain pelatnas utama dan pratama ganda campuran yang didampingi asisten pelatih Nova Widianto dan pelatih fisik Felix Ary Bayu Marta, sore ini mengisi sesi latihan dengan renang bersama di bilangan Cibubur, Jakarta Timur.

Disebutkan coach Felix, sesi latihan ini selain bisa untuk relaksasi dan recovery, juga bermanfaat bagi atlet dalam melatih pernafasan mereka. Sebelum renang, mereka diberi program untuk latihan nafas.

"Dari kemarin-kemarin kan mereka latihannya berat sekali, jadi memang sudah biasa di hari Jumatnya diisi dengan renang. Kira-kira jadwalnya itu seminggu sekali," kata Felix saat diwawancara Badmintonindonesia.org.

"Manfaatnya banyak sekali yang pasti recovery, dan karena tempat renangnya beda, bisa buat refreshing juga. Jadi ini seperti latihan sprint yang pindah dari track lari ke kolam renang, tapi impact atau benturannya lebih kecil dibanding lari," jelasnya.

Lebih lanjut, Felix menuturkan bahwa olahraga di air membuat otot lebih rileks. Tim ganda campuran juga berendam di jacuzzi, aliran air hangat di jacuzzi bermanfaat untuk relaksasi otot dan melancarkan peredaran darah.

"Oleh karena itu, sebetulnya berenang tidak membuat atlet jadi kelelahan, tapi justru rileks, makanya bisa dilakukan saat persiapan mau tanding. Contohnya yang sudah kita terapkan dan lihat hasilnya sendiri waktu di Asian Games 2018 lalu," tutur Felix.

Kepala Pelatih Ganda Campuran PBSI Richard Mainaky memang mengatakan bahwa intensitas latihan pekan ini cukup berat, khususnya program persiapan jelang turnamen Blibli Indonesia Open 2019. (*)