Apresiasi Capaian Jonatan dan Anthony, Susy: Semoga Makin Konsisten

(Jakarta, 12/6/2019)

Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting meraih hasil maksimal di turnamen Australia Open 2019. Dalam turnamen level super 300 ini, keduanya berhasil mengamankan gelar untuk Merah-Putih dengan pertemuan di laga puncak.

Pertandingan akhirnya dimenangkan oleh Jonatan usai duel tiga game dengan skor akhir 21-17, 13-21, 21-14.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susy Susanti memandang ini sebagai sinyal positif dalam grafik penampilan dua tunggal putra andalan Indonesia tersebut.

Akan tetapi Susy berharap Jonatan dan Anthony bisa tampil lebih konsisten dan meningkatkan capaian ke level yang lebih tinggi, misalnya di level super 500, super 750 dan super 1000.

"Dengan segala kritik yang ada, Jonatan dan Anthony bisa menjawab kritik dengan kerja keras dan pembuktian. Ini bisa jadi titik balik buat mereka, mereka sebenarnya mampu, tinggal keyakinan dan keberanian, strategi, itu yang lebih dimatengin lagi, sehingga prestasinya bisa lebih konsisten," kata Susy kepada Badmintonindonesia.org.

"Kami pun menganggap ini bukan sesuatu yang wah banget kok, kami berharap mereka bisa lebih stabil di tingkat yang lebih tinggi. Kami berharap peak-nya mereka di olimpiade. Proses kan akan berjalan, jam terbang, kematangan, keyakinan, memang ini yang harus dipoles terus, bagaimana mereka terus konsisten," jawab Susy.

Dalam beberapa turnamen terakhir, penampilan Jonatan lebih baik dari tahun lalu. Usai meraih medali emas di Asian Games 2018, penampilan Jonatan sempat menurun. Sebelum menjuarai Australia Open 2019, Jonatan juga naik podium juara di New Zealand Open 2019. Pada kejuaraan Badminton Asia Championships 2019, Jonatan tersingkir di babak pertama.

Sebelumnya di turnamen Malaysia Open 2019, Jonatan terhenti di semifinal dari peraih emas olimpiade Rio de Janeiro 2016, Chen Long, dengan skor 21-12, 10-21, 15-21. Sepekan setelahnya di perempat final Singapore Open 2019, Jonatan dihentikan Juara Dunia 2017 asal Denmark, Viktor Axelsen, dengan skor tipis, 24-22, 18-21, 22-24.

Sedangkan Anthony menjadi finalis di Singapore Open 2019 setelah dikalahkan pemain rangking satu dunia, Kento Momota (Jepang), dengan skor 21-10, 19-21, 13-21.

"Jonatan dan Anthony sudah pernah juara di level atas tapi masih belum konsisten. Menurut saya, sekarang pemain yang paling stabil dapat gelar ya Momota, dari berapa pemain yang benar-benar bisa konsisten ya dia. Kalau maunya menang-menang terus, mungkin seperti Lin Dan dan Lee Chong Wei, seperti itulah juara sejati, bagaimana bisa konsisten mempertahankan posisi di puncak. Kevin (Sanjaya Sukamuljo)/Marcus (Fernaldi Gideon) juga bisa konsisten, dan sekarang saat persaingan semakin ketat begini, bisa saja kalah dan menurun. Itulah, untuk bisa ada di atas terus itu tidak gampang," beber Susy.

Susy berharap dua gelar di level super 300 bisa menjadi batu loncatan buat Jonatan untuk berprestasi di level yang lebih tinggi. Anthony pun sudah pernah meraih titel world tour tertinggi di China Open 2018 Super 1000. Sempat menurun, namun Anthony mulai bangkit dengan menembus final turnamen level super 500 di Singapura dan super 300 di Australia. (*)