(Piala Sudirman 2019) Indonesia Juara Grup B

(Nanning, 22/5/2019)

Greysia Polii/Apriyani Rahayu menjadi penentu posisi tim Indonesia di klasemen grup B Piala Sudirman 2019. Kemenangan Greysia/Apriyani atas Maiken Fruergaard/Sara Thygesen, dengan skor 21-18, 21-13 menjadikan Indonesia unggul dalam perhitungan jumlah kemenangan dengan tim Denmark yang menjadi runner up grup B. Sedangkan Inggris ada di posisi ketiga.

Pada laga penyisihan sebelumnya, Indonesia mengalahkan Inggris dengan skor 4-1, sedangkan Denmark dikalahkan Inggris dengan skor 2-3.

"Alhamdulillah Indonesia juara grup," ujar Apriyani setelah permainan.

"Kami tahu kami penentu kalau juara atau enggaknya, kami mau jadi juara, jadi kami mau pikirkan itu saja, fokus ke permainan, ambil poin ini. Kekalahan teman-teman sebelumnya tidak mempengaruhi kami. Kami mau menyumbangkan satu poin karena penting banget buat Indonesia," ujar Greysia setelah pertandingan.

"Pemain Eropa percaya dirinya tinggi, kami nggak boleh lengah, tetap tekan mereka, adu strategi dalam ngotot-ngototan, adu dari segi non-teknisnya," komentar Greysia soal lawan.

Indonesia masih menunggu calon lawan di babak perempat final yang akan diundi malam ini setelah semua pertandingan penyisihan beregu selesai. Dengan menyandang status juara grup, maka Indonesia akan bertemu dengan runner up grup lain.

Selain Indonesia, tim Tiongkok, Jepang dan Korea juga menjadi jawara di grup masing-masing. Sedangkan tim Malaysia, Thailand, Taiwan dan Denmark menjadi runner up grup. Indonesia berpeluang untuk bertemu salah satu dari para runner up, kecuali Denmark karena berasal dari grup yang sama yaitu grup B.  

Berikut hasil pertandingan antara Indonesia vs Denmark (2-3):

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja vs Mathias Christiansen/Sara Thygesen 17-21, 11-21

Anthony Sinisuka Ginting vs Viktor Axelsen 9-21, 16-21

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan vs Kim Astrup/Mathias Boe 22-20, 21-14

Fitriani vs Mia Blichfeldt 13-21, 19-21

Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Maiken Fruergaard/Sara Thygesen 21-18, 21-13