(Badminton Asia Championships 2019) Hadapi Pemain Malaysia, Fitriani Perkuat Defense

(Wuhan, 21/4/2019)

Pebulutangkis tunggal putri, Fitriani, ingin mencapai hasil maksimal di turnamen yang tengah diikutinya, Badminton Asia Championships 2019. Fitriani yang kini menempati peringkat 30 dunia, akan berhadapan dengan pemain Malaysia, Soniia Cheah, di babak pertama.

Melihat catatan rekor pertemuan kedua pemain, kedudukan Fitriani dan Cheah sementara sama kuat 2-2. Cheah memenangkan pertemuan terakhir di Piala Uber 2018, dengan skor 10-21, 21-17, 21-14.

"Sekarang skornya 2-2 untuk kami, saya pernah menang, pernah kalah juga dari dia. Jadi harus lebih siap. Soniia punya postur tubuh tinggi, jadi otomatis dia mainnya menyerang. Pukulan-pukulannya lumayan tajam, defense saya harus lebih rapat. Saya mau dapat hasil maksimal di turnamen ini," sebut Fitriani kepada Badmintonindonesia.org.

Beberapa pekan menjalani program latihan di bawah pimpinan pelatih baru, Rionny Mainaky, Fitriani merasakan adanya perbedaan baik dari pertandingan maupun latihan.

"Kalau lagi pertandingan, om Rionny lebih tegas dan lebih disiplin di lapangan. Waktu latihan pun, istirahat dari satu program ke program selanjutnya tidak terlalu lama, lebih sedikit. Nggak galak sih orangnya, tapi tegas, kalau ada yang nggak benar, dikasih tahu," ujar Fitriani.

"Targetnya memang meningkatkan kekuatan fisik kami, latihan fisik kadang disisipkan di latihan teknik di pagi hari. Biasanya latihan fisiknya sore hari, sekarang latihan teknik pagi pun ada latihan fisiknya," tambah Fitriani.

Fitriani dan tim Indonesia baru saja tiba di Wuhan, Tiongkok, pada siang ini, Minggu (21/4). Tim rencananya baru akan menjalani latihan mulai esok hari. Pertandingan akan berlangsung pada 23-28 April 2019.

Indonesia menurunkan pemain-pemain terbaik ke turnamen perorangan se-Asia ini, termasuk pasangan rangking satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan masih banyak lagi.

Para jawara di Badminton Asia Championships 2019 akan mendapatkan poin setara dengan kejuaraan BWF World Tour Super 500. (*)