(India Open 2019) Ganda Campuran Pastikan Satu Wakil di Semifinal

(Jakarta, 28/3/2019)

Indonesia memastikan satu wakil ganda campuran di babak semifinal India Open 2019 lewat pertemuan dua wakil di perempat final yaitu Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Hafiz/Gloria lebih dulu lolos ke perempat final setelah di babak kedua hari ini menghentikan perlawanan wakil tuan rumah, Pranaav Jerry Chopra/Sikki N. Reddy, dengan skor 19-21, 21-19, 21-14. Tontowi/Winny kemudian menyusul dengan menumbangkan unggulan keenam, Lu Kai/Chen Lu (Tiongkok), dengan skor 21-11, 21-19.

"Di pertandingan tadi, kami bisa bermain fokus, bisa atur ritme permainan dan memegang ritme permainan. Kami juga lebih tenang," kata Tontowi saat dihubungi Badmintonindonesia.org.

"Makin ke sini, saya dan Winny makin ada peningkatan, terutama dari segi teknik. Kalau dari komunikasi dan cara main juga ada kemajuan dibanding sebelumnya. Tapi masih banyak yang perlu kami tingkatkan lagi, kalau untuk mental bertanding masih belum bisa diuji karena kami baru mengikuti turnamen besar satu kali di All England 2019," jelas Tontowi yang sebelumnya berpasangan dengan Liliyana Natsir.

Pertemuan kedua pasangan ini merupakan ulangan babak kedua German Open 2019. Kala itu Hafiz/Gloria menang straight game dengan skor 21-13, 28-26.

"Saya dan Winny akan berusaha tampilkan kemampuan maksimal kami. Setidaknya dari pertandingan ini, sudah ada satu wakil Indonesia di semifinal," ujar Tontowi.

Sementara itu, pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti baru akan menjalani laga babak kedua pada malam ini melawan Tang Chun Man/Ng Tsz Yau (Hong Kong). Sedangkan Ricky Karanda Suwardi/Pia Zebadiah Bernadet dikalahkan unggulan pertama, Wang Yilyu/Huang Dongping (Tiongkok), dengan skor 8-21, 11-21.

Dari nomor ganda putri, Della Destiara Haris/Tania Oktaviani Kusumah juga lolos ke babak perempat final setelah menundukkan wakil Tiongkok, Liu Xuanxuan/Xia Yuting, dengan skor 21-15, 18-21, 21-16. (*)