(India Open 2019) Della/Tania Tundukkan Rizki/Ketut, Pelatih: Bukan Kejutan

(Jakarta, 26/3/2019)

Pasangan unggulan ketujuh, Rizki Amelia Pradipta/Ni Ketut Mahadewi Istarani dikalahkan oleh rekan senegara sendiri, Della Destiara Haris/Tania Oktaviani Kusumah, pada babak pertama kejuaraan India Open 2019. Della/Tania yang tak diunggulkan, mengalahkan Rizki/Ketut dalam dua game langsung, dengan skor 21-16, 21-18.

Rizki sebelumnya berpasangan dengan Della, namun keduanya dipisah dan Della dipasangkan dengan Tania yang merupakan pemain yang lebih muda. Sebagai pemain senior, Della sudah memiliki banyak jam terbang. Tania pun bisa mengimbangi permainan pasangannya yang lebih berpengalaman tersebut.

"Kalau masalah hasil, ini dibilang mengejutkan sih tidak juga. Della kan pemain senior dan Tania juga bukan pemain yang tanpa kualitas. Kalau standard mainnya masih jauh dari seniornya, tidak mungkin saya pasangkan dengan Della," ujar Eng Hian, Kepala Pelatih Ganda Putri PP PBSI.

"Rizki/Ketut tidak pada permainan terbaik mereka, pola mainnya tidak berkembang selama pertandingan tadi," jelas Eng yang dihubungi di New Delhi.

PBSI mengirim tiga wakil ganda putri ke India Open 2019. Pasangan unggulan pertama, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, melewati babak pertama dengan mengalahkan Chang Ching Hui/Yang Ching Tun (Taiwan), dengan skor 21-14, 21-15.

Meskipun menyandang status juara bertahan, namun Eng ingin lebih fokus ke pengembalian kepercayaan diri Greysia/Apriyani yang belum mendapat hasil maksimal di beberapa pertandingan belakangan, termasuk di dua turnamen Eropa di German Open 2019 dan All England 2019.

"Untuk Greysia/Apriyani, saya mau lebih fokus supaya mereka dapat menemukan confidence dan performance mereka dulu setelah hasil yang kurang bagus di turnamen Eropa kemaren," ungkap Eng kepada Badmintonindonesia.org.

Sementara itu, pasangan Pia Zebadiah Bernadet/Anggia Shitta Awanda dari klub Jaya Raya yang juga ambil bagian dalam kejuaraan level Super 500 ini, harus mengakui wakil Tiongkok, Liu Xuanxuan/Xia Yuting, dengan skor 10-21, 19-21.

Hasil sementara pertandingan hari pertama India Open 2019 dapat dilihat di sini. (*)