(Barcelona Spain Masters 2019) Tontowi/Winny Lewati Babak Pertama

(Jakarta, 20/2/2019)

Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow berhasil menuntaskan tugas pertama di turnamen Barcelona Spain Masters 2019. Pasangan senior-junior ini melaju ke babak kedua setelah mengalahkan Jones Rafly Jansen/Kilasu Ostermeyer (Jerman), dengan skor 21-19, 21-18.

Meskipun menang dua game langsung, namun Tontowi/Winny masih belum puas dengan penampilan mereka di laga perdana tersebut.

"Seharusnya poinnya tidak seketat ini, kami masih banyak melakukan kesalahan-kesalahan sendiri yang seharusnya tidak perlu, jadi poinnya masih ramai. Masih banyak yang perlu ditingkatkan terutama dari segi kekompakan dan cara mainnya," ujar Tontowi saat dihubungi di Barcelona.

Tontowi/Winny yang baru berpasangan, juga punya ambisi untuk meraih tiket ke Olimpiade Tokyo 2020. Persaingan tiket ke olimpiade memang masih terbuka, seperti dikatakan Kepala Pelatih Ganda Campuran PBSI, Richard Mainaky. Tontowi/Winny akan bersaing dengan pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

"Pasti target saya ke olimpiade, walaupun tidak diprioritaskan tapi saya mau berusaha dulu. Saya mau maksimal dari segi latihan dan pertandingan, supaya tidak menyesal kalau saya akhirnya tidak bisa lolos kualifikasi olimpiade," ujar Tontowi kepada Badmintonindonesia.org.

"Dari pelatih sih tidak dibilang targetnya apa di turnamen ini, tapi saya punya target pribadi, minimal masuk semifinal. Sejauh ini saya masih optimis bisa memenuhi target asal mainnya konsisten, tidak banyak kesalahan sendiri dan lebih kompak mau main apa di lapangan," lanjutnya.

Sementara itu, pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari juga lolos ke babak kedua setelah mengalahkan Misha Zilberman/Svetlana Zilberman (Israel), dengan skor 21-9, 21-12. Sedangkan Alfian Eko Prasetya/Marsheilla Gischa Islami dihentikan wakil Korea, Seo Seung Jae/Chae Yujung, dengan skor 16-21, 21-23.

Hasil lengkap pertandingan hari pertama Barcelona Spain Masters 2019 dapat dilihat di sini. (*)