(World Tour Finals 2018) Ketika Kevin/Marcus Membuat Dim Sum

(Guangzhou, 10/12/2018)
Mungkin kita sudah sering melihat kepiawaian Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon mengayunkan raket di lapangan. Tapi, bagaimana jika mereka harus turun ke dapur dan didaulat untuk memasak?

Dalam rangkaian turnamen BWF World Tour Finals 2018 yang digelar di Guangzhou, Tiongkok, pasangan rangking satu dunia tesebut menunjukkan kebolehan mereka dalam membuat makanan khas Guangzhou yaitu Dim Sum dan Spring Roll.

Pada sesi ini, Kevin/Marcus hanya diminta untuk membungkus isi dim sum dan spring roll dengan kulitnya. Tampaknya mudah, namun dibutuhkan kesabaran untuk membentuk dan menutup lapisan kulit dim sum.

Dim sum buatan Marcus dipuji oleh chef karena bentuknya rapi dan sesuai dengan yang telah diajarkan. Sedangkan Kevin sempat kesulitan menutup dim sum kreasinya karena isi dim sum yang ia tuangkan terlalu banyak, sehingga sulit dibungkus.

Selain Kevin/Marcus, dalam acara ini juga hadir PV. Sindhu dari  India, serta tiga pemain tuan rumah, Shi Yuqi, Zheng Siwei dan Huang Yaqiong. Keenam pemain ini sangat menikmati saat-saat mereka menjadi ‘koki dadakan’ ini.

Ketiga pemain Tiongkok bahkan sangat kompetitif, mereka tak ingin diajari oleh koki, tapi mereka ingin membuat sendiri dan ingin mendapat hasil yang bagus. Hal ini mengundang tawa para awak media. Shi bahkan membuat spring roll raksasa dengan menambah isi spring roll menjadi lebih banyak. Mungkin sebagai warga Tiongkok, Zheng, Huang dan Shi sudah lebih familiar dengan cara membuat dim sum dan spring roll.

“Saya nggak suka masak dan nggak bisa masak, kalau bagian makannya baru suka. Ha ha ha. Tapi saya suka sesi ini, fun juga. Bikin dim sum lebih susah daripada bikin spring roll, tinggal dilipat-lipat saja,” kata Kevin saat diwawancara.

“Acara seperti ini cukup menyenangkan. Hasilnya cukup enak, kan yang bikin isinya chef-nya, jadi enak-enak saja, kalau bentuknya kan kami yang bikin, ya nggak tahu deh, ha ha ha,” ujar Marcus.

“Saya bisa sih masak nasi goreng. Kalau masak nasi sih gampang, kan sering masak nasi kalau tanding di negara tertentu, lauknya sih nggak masak sendiri, tinggal manasin saja. Oh iya, saya juga bisa bikin telur orak-arik pakai kecap. Saya pernah buatkan mie goreng juga untuk Agnes (istri Marcus),” tambahnya.

Sesi membuat dim sum dan spring roll ini merupakan bagian dari pembukaan turnamen World Tour Finals 2018. Pertandingan akan dimainkan pada 12-16 Desember 2018 di Tianhe Gymnasium. (*)