Tim Nasional Bulutangkis Dipulangkan

(Jakarta, 10/12/2018)

Sebanyak 97 atlet nasional bulutangkis Indonesia dipulangkan ke klubnya masing-masing, Senin (10/12). Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti.

Pemulangan ini merupakan jadwal tahunan dalam rangkaian promosi dan degradasi tim nasional. Selain itu, pemulangan juga dilakukan untuk mempersiapkan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) 2018. Nantinya para atlet akan dipanggil kembali usai gelaran Kejurnas tersebut.

Namun begitu, beberapa atlet yang sudah dijadwalkan turun bertanding di Thailand Masters 2019, Januari mendatang, akan kembali lebih awal untuk berlatih di Pelatnas PBSI, Cipayung. 

“Tanggal 10 Desember semua atlet akan dipulangkan ke klub masing-masing. Kecuali mereka yang akan bertanding di Thailand Open 2019, mereka tanggal 26 Desember harus sudah berlatih. PBSI akan mengumumkan pemanggilan atlet setelah Kejurnas 2018. Hal ini juga berlaku untuk para pelatih,” kata Susy kepada Badmintonindonesia.org.

“Kuota pemain untuk tahun depan akan disesuaikan dengan kebutuhan pelatnas, jumlahnya lebih sedikit tapi tidak signifikan turunnya,” lanjut Susy.

Menyongsong tahun 2019, Susy pun sudah mempersiapkan beberapa target dan fokus timnya. Bagi atlet senior akan dipersiapkan untuk Olimpiade, sedangkan atlet junior untuk Asia Junior Championships (AJC) dan World Junior Championships (WJC).

“Tahun depan kami akan fokus dan memprioritaskan mereka yang akan ke Olimpiade, serta pemain junior yang akan berangkat ke Asia Junior Championships dan dan World Junior Championships,” jelas Susy. (*)