(Syed Modi IB Championships 2018) Dua Wakil Lolos ke Final

(Jakarta, 24/11/2018)

Indonesia mengirim dua wakil ke laga puncak turnamen Syed Modi International Badminton Championships 2018. Pasangan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menjadi wakil pertama yang lolos ke final setelah mengalahkan senior mereka, Alfian Eko Prasetya/Marsheilla Gischa Islami, dengan skor 7-21, 21-13, 21-14.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kemudian menyusul setelah memetik kemenangan atas Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov (Rusia) dengan skor 21-14, 27-25. Fajar/Rian sempat tertinggal 4-8 di game pertama, namun mereka berhasil membalikkan keadaan dengan unggul 13-9.

"Kami awalnya memang ketinggalan di game pertama, tapi kami kemudian coba fokus terutama di permainan depan net. Kami mainnya juga banyak no lob," kata Rian setelah pertandingan.

"Di game kedua lawan lebih berani, mereka tidak mau ‘angkat bola’, tapi kami usaha adu lagi," tambah Rian.

Wakil tuan rumah, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, akan menjadi lawan Fajar/Rian di babak final. Rekor pertemuan sementara diungguli Fajar/Rian dengan skor 1-0. Di ajang BCA Indonesia Open 2017, Fajar/Rian menang dua game langsung dengan skor 21-9, 21-19.

"Pasangan India power-nya kuat, pukulan mereka kencang. Ini yang harus kami waspadai," tutur Rian.

Sementara itu, Chico Aura Dwi Wardoyo dan Ruselli Hartawan dihentikan wakil India di babak semifinal. Pasangan ganda putri Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris jiuga tak dapat melangkah ke final setelah mundur saat menghadapi Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean (Malaysia), dengan skor 21-14, 19-21, 9-16. Rizki/Della mundur karena Della mengalami cedera engkel kiri.

Dengan demikian, Della membatalkan keikutsertaannya di ajang Korea Masters 2018 di nomor ganda campuran bersama Tontowi Ahmad. Hal ini dikonfirmasi oleh Eng Hian, Kepala Pelatih Ganda Putri PBSI.

"Menurut laporan Coach Chafidz (Yusuf) yang ada di sana, kondisi Della tidak memungkinkan untuk ke Korea, jadi memang batal tampil bersama Owi," ujar Eng saat dihubungi Badmintonindonesia.org.

Partai final Syed Modi International Badminton Championships 2018 akan dilangsungkan besok, Minggu (25/11), mulai pukul 14.00 waktu Lukcnow, atau sekitar pukul 15.30 WIB. Jadwal selengkapnya dapat dilihat di sini. (*)