(Syed Modi IB Championships 2018) Singkirkan Wakil Tiongkok, Fajar/Rian ke Semifinal

(Jakarta, 23/11/2018)

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil menghentikan perlawanan Han Chengkai/Zhou Haodong, pada babak perempat final Syed Modi International Badminton Championships 2018. Fajar/Rian mengalahkan wakil Tiongkok dalam dua game langsung dengan skor 21-16, 21-9.

Ini merupakan pertemuan pertama Fajar/Rian dengan pasangan unggulan keenam tersebut. Fajar/Rian mengaku tampil di irama permainan mereka sendiri, sama dengan penampilan-penampilan sebelumnya. Namun kali ini mereka mencoba unggul dari servis dan penerimaan servis.

"Sebetulnya mainnya sama saja dengan sebelumnya, tapi kami lebih siap di servis dan penerimaan servis. Kami juga harus mengungguli lawan dari permainan di depan net," kata Fajar saat dihubungi di Lucknow, India.

"Kuncinya memang di servis dan pembukaan. Kami juga tidak mau banyak mengarahkan bola ke atas karena pasangan Tiongkok ini smash nya cukup keras. Permainan depan mereka juga bagus, jadi kombinasi ini yang membuat mereka jadi pasangan yang kuat," jelas Rian kepada Badmintonindonesia.org.

Di babak semifinal, Fajar/Rian akan berhadapan dengan Vladmir Ivanov/Ivan Sozonov (Rusia). Ini merupakan pertemuan ketiga bagi kedua pasangan, dimana catatan rekor pertemuan kini imbang dengan skor 1-1. Fajar/Rian memenangkan pertemuan terakhir di Hong Kong Open 2018 dengan skor tipis, 23-21, 21-19.

"Sebetulnya mau ketemu siapa saja, kami harus siap. Yang penting itu fokusnya, kami juga mau berpikir step by step dulu," tambah Rian.

Sementara itu, pasangan Sabar Karyaman Gutama/Frengky Wijaya Putra terhenti di babak perempat final dari Ivanov/Sozonov dengan skor 19-21, 17-21.

Sebanyak enam wakil Indonesia lolos ke semfinal turnamen level super 300 ini. Selain Fajar/Rian, ada juga Chico Aura Dwi Wardoyo, Ruselli Hartawan, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta, Alfian Eko Prasetya/Marsheilla Gischa Islami, serta Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Nomor ganda campuran memastikan satu tempat di final dengan pertemuan dua wakil di semifinal yaitu Alfian/Marsheilla dan Rinov/Pitha. Hasil sementara babak perempat final Syed Modi International Badminton Championships 2018 dapat dilihat di sini. (*)