(Hong Kong Open 2018) Jonatan Dihentikan Momota

(Hong Kong, 16/11/2018)

Jonatan Christie harus mengakui keunggulan Kento Momota, pemain nomor satu dunia asal Jepang. Dalam pertandingan babak perempat final Hong Kong Open 2018, Jonatan dikalahkan Momota dengan skor 24-22, 21-9, 21-9.

Pertandingan berlangsung sengit di game pertama. Jonatan yang sudah unggul pada kedudukan game point 20-15, tidak dapat menyelesaikan permainan. Momota menyamakan kedudukan menjadi 20-20. Namun Jonatan akhirnya berhasil mengamankan game pertama.

Penampilan Jonatan terus menurun di game kedua dan ketiga. Ia tak dapat mengimbangi permainan Momota.

"Di game pertama sebenernya sudah cukup enak mainnya, memang disayangkan saat poin 20-15 harusnya bisa game dan hemat tenaga. Di game kedua Momota banyak mengarahkan bola yang menyulitkan saya, akurasi penempatannya bagus. Ini membuat tenaga saya cukup terkuras," kata Jonatan usai pertandingan.

"Hal yang sama terjadi di game ketiga, dia lebih fokus dan akurasi bolanya tepat hingga di sudut lapangan. Dari sebelumnya sudah tahu bahwa Momota memang matang pukulannya dan saya dikontrol oleh dia, sehingga fisik saya memang dua kali lipat lebih keluar," tambahnya.

Sementara itu, Momota menyadari kondisi fisik Jonatan mulai berkurang dan ia memanfaatkan hal ini untuk terus meraih banyak poin di game kedua dan ketiga.

"Saya lihat Jonatan memang kelelahan, tapi di game pertama, saya tetap waspada karena kadang dia punya pukulan yang mengagetkan saya. Walaupun bisa mengejar, saya tetap berhati-hati saat itu, tidak bisa lengah. Saya sudah mempersiapkan diri kalau Jonatan akan memberi perlawanan di game ketiga, tapi saat skornya makin jauh, saya lihat dia sudah menyerah," kata Momota setelah pertandingan.

Sementara itu, pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti juga terhenti di babak perempat final dari pasangan unggulan kedua, Wang Yilyu/Huang Dongping (Tiongkok), dengan skor 14-21, 21-14, 14-21. (*)