(Malaysia International Series 2018) Gatjra Melesat Ke Final

(Jakarta, 10/11/2018)

Gatjra Piliang Fiqihilahi Cupu, atlet tunggal putra Indonesia, berhasil melesat ke laga puncak Malaysia International Series 2018. Hasil ini didapat usai Gatjra berhasil menuntaskan perlawanan wakil tuan rumah unggulan ke sepuluh, Lim Chi Wing, lewat rubber game 12-21, 21-15 dan 21-9 di Penang PA Badminton Hall hari Sabtu (10/11).

Asisten pelatih tunggal putra pratama yang mendampingi, Deni Danuaji, mengungkap kunci kemenangan Gatjra hari ini adalah keberanian anak asuhnya untuk lebih menyerang di game kedua dan ketiga usai kalah di game pertama.

"Di game pertama, Gatjra tidak bisa mengikuti tempo permainan lawan yang cepat. Dia juga terlalu banyak membiarkan lawan menyerang sedangkan pertahanannya pun tidak siap," tutur Deni melalui pesan singkat dari Penang.

"Di game kedua, saya menginstruksikan dia mempercepat tempo dan ambil inisiatif serangan. Alhamdulillah berhasil. Di game ketiga lawan sudah terkuras kondisi fisiknya sehingga Gatjra lebih mudah untuk memainkan pola permainannya sendiri," lanjut Deni.

Di turnamen ini, Gatjra memang tampil prima. Tercatat atlet jebolan PB Exist ini tiga kali mengalahkan unggulan. Sebelum Lim Chi Wing unggulan ke-10 hari ini, Gatjra sukses menghentikan perlawanan unggulan kelima, Lee Chia Hao, di babak 16 besar dan Chi Yu Jen unggulan ke-15 di babak perempat final.

"Saya hanya mengingatkan kepada dia supaya siapapun lawan di lapangan anggap semua berat, biar kamu selalu siap dan tidak lengah. Jadi lawan unggulan pun saya liat mental dia siap untuk menang," kata Deni.

"Untuk persiapan saya hanya menambahkan kekurangan teknik dan strategi main saja," kata Deni lagi.

Di babak final, Gatjra akan kembali menantang wakil Taiwan, Lu Chia Hung, yang turun sebagai unggulan dua.

"Saya rasa besok Gatjra yakin bisa," tutup Deni singkat.

Partai final Malaysia International Series 2018 besok akan dimulai pukul 12.00 waktu setempat.

Hasil dan jadwal pertandingan bisa dilihat di sini. (*)