(Fuzhou China Open 2018) Rinov/Debby Ditaklukkan Unggulan Kedua

(Fuzhou, 8/11/2018)

Rinov Rivaldy/Debby Susanto harus mengakui keunggulan pasangan rangking dua dunia, Wang Yilyu/Huang Dongping (Tiongkok) dalam pertandingan babak kedua Fuzhou China Open 2018. Wang/Huang menang dua game langsung dengan skor 21-10, 21-16.

Di game pertama, Rinov/Debby tak dapat mengatasi tekanan yang diberikan oleh lawan, mereka tertinggal jauh 4-11 di interval game. Pada game kedua, Rinov/Debby sempat mengimbangi di awal permainan, namun mereka justru banyak membuat kesalahan sendiri dan membuat selisih angka kian jauh dari Wang/Huang.

"Saya memang kaget dengan permainan lawan yang cepat. Saya harus bisa segera mengimbangi mereka. Di game pertama skornya jauh, karena saya masih kaget tadi. Di game kedua sudah bisa mengikuti tapi malah banyak buang poin," kata Rinov yang merupakan pemain muda.

"Memang game pertama bisa dibilang tidak ada permainan, tidak ada reli, karena kami dibawah tekanan terus dan kami tidak bisa keluar dari tekanan itu. Waktu angkat bola pun kebanyakan out. Di game pertama pun saya kurang bisa mengatur," ungkap Debby.

"Sebetulnya di game kedua, kami sudah menemukan polanya, tapi kejauhan mengejar, tertinggal terlalu jauh," tambahnya.

Meskipun harus terhenti dari laga di turnamen level super 750 ini, namun Rinov/Debby terutama Rinov yang merupakan pemain muda, mendapat banyak pelajaran berharga. Debby pun meyakinkan Rinov jika ia sebetulnya bisa mengimbangi lawan kalau bermain lebih tenang.

"Tadi saya kasih tahu Rinov yang basic saja, seperti lebih sabar, fokus. Kalau dikasih tahu banyak-banyak nanti takutnya malah jadi bingung. Rinov kalau mainnya tenang, sebetulnya bisa mengimbangi pemain level elit. Nanti kan dia pasti akan naik kelas, harus lebih tenang dari awal, skill nya tidak kalah kok dengan pemain-pemain kelas atas," tutur Debby.

Sementara itu, pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir lolos ke perempat final dengan mengalahkan Kim Hwi Tae/Kim Hye Jeong (Korea), dengan skor 21-4, 21-15. Sedangkan Tommy Sugiarto dikalahkan Kidambi Srikanth, unggulan kelima asal India, dengan skor 21-10, 9-21, 9-21. (*)