(SaarLorLux Open 2018) Hentikan Unggulan Kedua, Rizki/Ketut ke Perempat Final

(Jakarta, 1/11/2018)

Pasangan ganda putri Rizki Amelia Pradipta/Ni Ketut Mahadewi Istarani melaju ke babak perempat final SaarLorLux Open 2018 usai menekuk unggulan kedua, Delphine Delrue/Lea Palermo (Perancis), dalam dua game langsung, 21-13, 21-19.

Bermain dengan tenang dan bisa menjaga fokus di lapangan menjadi kunci kemenangan Rizki/Ketut yang barus saja dipasangkan di tiga turnamen. Sebelumnya mereka berpasangan di Denmark Open 2018 dan French Open 2018.

"Sekarang kami sudah semakin tahu kebiasaan masing-masing. Sekarang kami bisa bermain lebih tenang dan konsentrasi di satu demi satu poin," ujar Ketut kepada Badmintonindonesia.org.

"Tadi di game kedua kami sempat tertinggal poinnya, karena kami kehilangan fokus. Tapi kami bisa mengembalikan fokus kami dan menang dua game langsung," sebutnya.

"Memang kami baru dipasangkan, tetapi kami tidak merasa ada kesulitan yang berarti karena di latihan kami sering berpasangan," ujar Rizki.

Meskipun secara rangking, lawan lebih unggul, namun dari segi pengalaman dan kualitas permainan, Rizki/Ketut dinilai lebih baik.

"Di pertandingan hari ini level Rizki/Ketut masih di atas lawannya, poin-poin yang diperoleh lawan juga banyak dihasilkan dari kesalahan-kesalahan Ketut/Rizki sendiri," kata Eng Hian, Kepala Pelatih Ganda Putri PBSI.

Di babak perempat final, Rizki/Ketut akan berhadapan dengan wakil Tiongkok, Li Wenmei/Zheng Yu. Disebutkan Eng, pasangan ini merupakan salah satu pasangan yang paling diwaspadai, selain unggulan pertama dari Bulgaria, Stefani Stoeva/Gabriela Stoeva.

"Li/Zheng memang merupakan lawan terberat kami di turnamen ini. Selain itu ada pasangan (Gabriella) Stoeva/(Stefani) Stoeva juga. Kami akan berdiskusi lagi dengan pelatih mengenai permainan besok. Kami sudah tahu akan bermain dengan pola seperti apa, yang terpenting itu bisa jaga fokus poin demi poin," jelas Ketut.

"Serangan Li/Zheng cukup baik, smash mereka kencang, kami harus lebih siap dan jaga fokus terus," tambah Rizki.

Sementara itu, Fitriani juga lolos ke perempat final setelah mengalahkan Martina Repiska dari Slowakia, dengan skor 21-14, 21-18. Fitriani juga akan berjumpa wakil Tiongkok di perempat final yaitu Gao Fangjie yang merupakan unggulan pertama. (*)