(Denmark Open 2018) Tontowi/Liliyana Tak Berhasil Atasi Unggulan Pertama

(Odense, 20/10/2018)

Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir belum dapat mengatasi perlawanan Zheng Siwei/Huang Yaqiong di babak semifinal Denmark Open 2018. Unggulan pertama asa Tiongkok tersebut menang dengan pertarungan rubber game, 21-11, 19-21, 21-17.

Tontowi/Liliyana tidak dapat mengendalikan permainan di game pertama dan tertinggal jauh 7-16. Namun di game kedua, mereka mengejar dan mencoba untuk mengambil alih irama permainan, pertandingan berlangsung sengit dan kedua pasangan terus berkejaran angka.

Sayangnya di game ketiga Tontowi/Liliyana banyak melakukan kesalahan sendiri, Zheng/Huang kian mudah mendulang angka.

"Kami sudah berusaha semaksimal mungkin dan keluarkan permainan terbaik, memang tidak mudah menghadapi lawan, harus lebih tenang. Kalau ketinggalan jauh kejarnya sulit, kalau mepet-mepet masih ada kans," kata Liliyana.

"Mereka mainnya cepat dan pukulannya bertenaga. Saat mereka menekan, tidak mudah arahkan bola ke mana. Waktu posisi tertekan, Huang nya juga sigap. Sebetulnya strategi kami sudah masuk, waktu kedudukan 13-13 mereka goyang, tapi ada beberapa poin yang mereka gampang dapatnya dari kami. Mereka percaya diri lagi waktu kami kehilangan banyak poin," tutur Tontowi.

"Kami mencoba menikmati permainan, ada di titik ini saja, sampai semifinal kami sudah bersyukur. Kami tidak mau kalah dan beri perlawanan sengit, selama ini mereka menang mudah terus dari babak awal, kali ini mereka agak tegang juga. Ekspektasinya mau menang, tapi namanya permainan ya harus terima kekalahan," sebut Liliyana.

Sementara itu, pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon telah memastikan satu tempat di final ganda putra setelah mengalahkan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, 21-18, 24-22. (*)