(Chinese Taipei Open 2018) Tiga Wakil Ganda Campuran ke Perempat Final

(Jakarta, 4/10/2018)

Tiga ganda campuran Indonesia berhasil lolos ke babak perempat final Chinese Taipei Open 2018. Pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari lebih dulu lolos dengan menaklukkan wakil tuan rumah, Tseng Min Hao/Hsieh Pei Shan, dengan skor 21-14, 21-18.

Ronald Alexander/Annisa Saufika menyusul dengan mengalahkan Chang Ko-Chi/Cheng Chi Ya (Taiwan), dengan skor 21-14, 21-19. Unggulan kedelapan, Alfian Eko Prasetya/Marsheilla Gischa Islami juga melaju dengan mengalahkan Lin Yong Sheng/Li Zi Qing (Taiwan), dengan skor 21-18, 21-15.

Tampil dengan permainan menyerang, Rinov/Pitha yang merupakan juara dunia junior 2017 ini mampu menguasai jalannya pertandingan.

"Dari awal kami memang mencoba terus menyerang lawan. Kami berusaha untuk tidak bermain lob. Jaga fokus juga faktor paling penting," ujar Pitha saat dihubungi di Taiwan.

"Kami pasti punya target di turnamen ini, tapi kami mau coba jalani step by step dulu, semoga kami bisa memberikan yang terbaik. Kami sudah cukup beradaptasi main di turnamen level senior dan memang seharusnya kami sudah siap di level ini walaupun masih banyak yang harus kami tingkatkan lagi, dari segi teknik maupun non-teknik," jelas Pitha kepada Badmintonindonesia.org.

Pada laga perempat final, Rinov/Pitha akan berhadapan dengan unggulan ketiga dari Malaysia, Chen Tang Jie/Peck Yen Wei. Kedua pasangan tercatat belum pernah bertemu.

"Chen punya serangan yang cukup berbahaya, kami akan pelajari lagi permainan lawan lewat video pertandingan. Kami harus bisa langsung in di pertandingan dan yang utama bisa jaga fokus," tuturnya.

Sayangnya pasangan dadakan, Akbar Bintang Cahyono/Siti Fadia Silva Ramadhanti tak berhasil menghadali Kohei Gondo/Ayane Kurihara, unggulan ketujuh dari Jepang. Mereka takluk dalam dua game langsung dengan skor 13-21, 19-21.

Dari nomor tunggal, Ruselli Hartawan ditekuk unggulan keempat, Pai Yu Po (Taiwan), dalam laga panjang dengan skor 21-17, 19-21, 17-21. Sektor tunggal putri Indonesia mengirim satu wakil ke perempat final lewat Fitriani yang menang straight game atas Crystal Pan (Amerika Serikat), dengan skor 21-8, 21-16. (*)